Malangtimes

Proyek Zona Tiga Kayutangan Heritage Capai 98 Persen, Lalin di Kawasan Tugu Chairil Anwar Kembali Normal

Nov 22, 2022 18:53
Tampak lalu lintas di kawasan Tugu Chairil Anwar yang masuk dalam proyek pembangunan zona tiga Kayutangan Heritage sudah kembali normal, Selasa (22/11/2022). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)
Tampak lalu lintas di kawasan Tugu Chairil Anwar yang masuk dalam proyek pembangunan zona tiga Kayutangan Heritage sudah kembali normal, Selasa (22/11/2022). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Proyek pembangunan perluasan zona tiga Kayutangan Heritage yang terletak di kawasan Jalan Basuki Rahmat, Kecamatan Klojen, Kota Malang saat ini telah mencapai 98 persen. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang R Dandung Djulharjanto. Pria yang akrab disapa Dandung ini menuturkan, bahwa proyek pembangunan zona tiga Kayutangan Heritage yang sudah mencapai 98 persen itu tinggal beberapa tahapan saja.

"Tinggal dua persen (pembangunan zona tiga Kayutangan Heritage), itu tinggal mengisi lis-lisnya antar lantai itu. Ini tadi juga penanaman bunga-bunga, ballard sudah semua terpasang," ungkap Dandung kepada JatimTIMES.com melalui sambungan telepon, Selasa (22/11/2022). 

Sedangkan untuk jalan, khususnya di sekeliling Tugu Chairil Anwar yang dipasang batuan andesit sudah selesai semuanya. Alhasil, sejak Rabu (16/11/2022) malam, lalu lintas di kawasan Tugu Chairil Anwar kembali normal. Di mana sebelumnya kawasan tersebut ditutup sebagian secara bertahap untuk melakukan pemasangan batuan andesit. 

Mantan Sekretaris DPUPRPKP Kota Malang ini mengatakan, proyek pembangunan zona tiga Kayutangan Heritage pun secara keseluruhan diperkirakan akan selesai pada pekan ini. 

Terlebih lagi, pihaknya menambahkan bahwa pada pekan ini juga sekaligus akan dilakukan Provisional Hand Over (PHO) atau serah terima tahap pertama oleh pihak ketiga kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

"Tanggal 30 November itu selesai kontraknya mas. Pengerjaannya paling tidak seminggu sebelum masa akhir kontrak itu selesai. Iya pekan ini (selesai) dan itu sudah persiapan PHO," terang Dandung. 

Sementara itu, Dandung juga menyebut bahwa sepanjang kawasan zona tiga Kayutangan Heritage juga akan dipasang lampu-lampu heritage seperti yang sudah terpasang di zona satu dan zona dua. Namun, ia menyebut terdapat perbedaan posisi tiang lampu di zona tiga. 

"Perbedaannya dengan lampu di zona satu dan dua itu ketinggiannya. Untuk lampu di zona tiga lebih tinggi sekitar 50-60 sentimeter," ujar Dandung. 

Namun, pihaknya menjelaskan bahwa khusus pengerjaan pemasangan lampu heritage di sepanjang zona tiga Kayutangan Heritage saat ini masih dalam tahap proses lelang dengan masa akhir pendaftaran pada tanggal 7 Desember 2022.

Dilansir dari website lpse.malangkota.go.id, nilai pagu dari pengadaan lampu zona tiga Kayutangan Heritage sebesar Rp 1,8 miliar. Namun untuk HPS sebesar Rp 1,34 miliar. "Untuk lampu pagu kita di APBD Perubahan 2022 ada Rp 1,8 miliar. Ada 103 unit lampu," pungkas Dandung. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru