Malangtimes

Ikuti Program Kampus Mengajar, Mahasiswa Unikama dan Tim Sukses Tingkatkan Minat Belajar Siswa

Nov 22, 2022 18:43
Mahasiswa Unikama mengikuti Program Kampus Mengajar (Ist)
Mahasiswa Unikama mengikuti Program Kampus Mengajar (Ist)

JATIMTIMES – Mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruan Malang (Unikama), Asri Makrifatul Hidayah, mengikuti Program Kampus Mengajar. Ia bersama empat mahasiswa dari kampus lainnya ditempatkan di SMP Banyulegi yaitu sekolah swasta yang berada di Desa Banyulegi, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. 

Program Kampus Mengajar Angkatan 4 dimulai pada 1 Agustus sampai 1 Desember 2022. Selama berjalannya program tersebut, ia mendapatkan sejumlah pengalaman. Dalam program itu, Asri bertugas mengajar literasi dan numerasi. 

1

Namun ia juga membawa program utama dari Program Kampus Mengajar yaitu mengenalkan teknologi kepada para siswa. Hal ini tentunya sejalan dengan ujian sekolah yang berbentuk Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

"Karena sekarang ujiannya berbentuk ANBK, bagi kami mengenalkan perangkat teknologi seperti laptop adalah hal yang paling penting," jelasnya.

Sebelum mengenalkan penggunaan teknologi di kelas, Asri bersama timnya membagi tugas dalam proses belajar mengajarnya. Mulai dari menentukan metode pembelajaran hingga aktivitas di sekolah yang bisa menggugah semangat belajar siswa.

"Untuk literasi setiap pagi saya yang meng-handle. Karena saya posisi kos di dekat sekolah tersebut. Untuk numerasinya biasanya kami isi saat jam kosong kegiatan belajar mengajar. Terkadang juga setelah literasi kami melakukan numerasi di kelas untuk menghafalkan perkalian dan membuatkan soal cerita," terangnya.

2

Pembelajaran literasi dilakukan setiap pagi sebelum kegiatan belajar mengajar. Materi diambil dari buku fiksi maupun non fiksi sembari mengenalkan siswa bagaimana mengidentifikasi buku seperti nama penerbitnya, siapa penulis bukunya, judul buku dan hingga merangkum isi buku yang telah di baca.

"Kami bersama tim juga memberikan pengertian untuk peduli lingkungan. Dimulai dari hal paling dekat yaitu membersihkan lingkungan kelas dan sekolah. Lalu ada juga kegiatan belajar jual beli, jadi kami membuat booth toko serba ada kecil-kecilan dari meja dan kursi. Terus setiap seminggu sekali kami mengajak siswa-siswi untuk senam pagi," jelasnya.

Di sela-sela mengajar tersebut, Asri bersama tim mengenalkan siswa-siswinya dalam menggunakan laptop. 
Hal ini tentunya dimaksudkan agar para siswa lebih siap dan tak gagal ketika mengoperasikan perangkat komputer. Selain itu, para siswa juga dikenalkan dengan pengoperasian Microsoft Office.

3

Selain pemahaman terkait teknologi, para mahasiswa juga memberikan pengetahuan terkait materi lainnya. Di sekolah tersebut, ia mendapati minat belajar yang rendah terutama pada hal Baca, Tulis, Menghitung (Calistung). Salah satu penyebabnya ialah kondisi sekolah yang kurang representatif. Namun Asri bersama ke-empat temannya tetap melaksanakan tugas dengan semangat.

Dengan pengajaran yang secara konsisten, siswa-siswi menunjukkan minat belajar mereka dengan lebih aktif mulai dari bertanya, menjawab pertanyaan dari guru, hingga menyelesaikan masalah dengan membentuk kerja sama kelompok. Selain itu, siswa secara perlahan mampu mengoperasikan laptop. 

4

Asri menilai program kampus mengajar sangat bermanfaat. Dia dapat berbagi ilmu yang didapat dari kampus untuk disalurkan ke sekolah. Ia juga bisa dapat pengalaman yang tidak diajarkan di kampus, bahkan Asri bersama timnya juga membantu dalam urusan administrasi sekolah.

’"Kami berharap Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Dinas Pendidikan ataupun pihak terkait bisa memperhatikan SMP Banyulegi ini. Salah satunya adalah perbaikan gedung, instalasi listrik, dan bantuan pemenuhan fasilitas atau sarana dan prasarana sekolah yang salah satunya adalah kamar mandi," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru