Malangtimes

104 Atlet dari 30 Daerah Bersaing Ketat di Cabor Catur Porwanas XIII

Nov 22, 2022 18:17
Suasana saat pertandingan cabor catur Porwanas di El Hotel Kartika Wijaya Batu pada 22-25 November. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Suasana saat pertandingan cabor catur Porwanas di El Hotel Kartika Wijaya Batu pada 22-25 November. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Kota Batu juga menjadi venue digelarnya Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII. Ada dua cabang olahraga (cabor) yang berlangsung di Kota Batu pada 21-27 November 2022.

Yakni catur dan bridge. Seperti halnya cabor catur yang berlangsung di El Hotel Kartika Wijaya Batu pada 22-25 November mendatang. Setidaknya ada 104 wartawan atau atlet yang berjuang untuk menjadi juara pada cabor ini.

104 atlet tersebut dari 30 daerah di Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Dengan daerah terjauh dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh dan PWI Papua.

Terlihat mereka sangat semangat dengan pertandingan hari pertama tersebut. Bagaimana tidak, Porwanas XIII sempat tertunda cukup lama. Sehingga ini menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh wartawan seluruh Indonesia.

Selain sebagai ajang mencari prestasi, juga sebagai silahturahmi wartawan di Indonesia untuk mempererat tali persaudaraan. Dalam cabor catur ini ada dua kategori yang dilombakan perseorangan dan beregu.

“Cabor catur ini memang sudah dinanti-nantikan sejak lama oleh para wartawan, karena sejak lama setelah sebelumnya diselenggarakan di Jawa Barat,” ucap Technical Delegate Porwanas XIII Cabor Catur, Yusuf Santriono.

Yusuf menambahkan, pada Porwanas ini akan berbeda dari kompetisi sebelumnya, sebab tidak boleh menyandang kategori ganda. Supaya misi pembinaan atlet di Porwanas tetap berjalan.

“Kalau pakai sistem lama, juaranya sudah bisa ditebak. Jika begitu, yang lain tidak kelihatan dan dari sisi pembinaan tidak berjalan,” tambah Yusuf.

Dalam cabor ini dipimpin wasit kaliber internasional, yakni Prayitno dan Bambang Suprihanto.

Terpisah Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Kota Batu Febri Setiawan menjelaskan dalam Porwanas XIII seluruhnya diikuti sebanyak 3.500 atlet dari 34 provinsi di Indonesia. Ada sepuluh cabor yang dipertandingkan.

Yakni atletik, biliard, bulutangkis, bridge, catur, tenis meja, tenis lapangan, e-sport, sepak bola, dan futsal. Sementara itu ada empat cabang ekshibisi yang dipertandingkan.

“Empat cabor itu adalah karaoke, tenis meja untuk Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI), golf, dan menembak,” terang Febri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru