Malangtimes

Akibat Korsleting Listrik, Rumah Berlantai Dua di Singosari Amblas Dilalap Api

Nov 22, 2022 15:22
Upaya pemadaman dan penbasahan area terbakar oleh tim damkar Kabupaten Malang.(Foto: Istimewa).
Upaya pemadaman dan penbasahan area terbakar oleh tim damkar Kabupaten Malang.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Sebuah rumah yang terletak di Jalan Suropati RT 01 RW 03 Desa Losari Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang mengalami kebakaran pada Selasa (22/11/2022). Rumah berlantai dua yang terbakar tersebut diketahui milik warga bernama M. Cholik Achfad. 

Api diduga berasal dari korsleting listrik. Yang kemudian merembet hingga membakar beberapa bagian rumah hingga menghanguskan bangunan berlantai dua tersebut. 

"Informasi yang kami himpun di lapangan, api diketahui mulai muncul jam 09.00 WIB. Tapi kami baru mendapat laporan sekitar pukul 09.40 WIB," ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang, Firmando Hasiholan Matondang, Selasa (22/11/2022).

Begitu laporan masuk, tim pemadam kebakaran langsung bergegas menuju ke lokasi kejadian. Setibanya di lokasi sekitar pukul 09.55 WIB, petugas langsung melakukan upaya pemadaman api.

"Ada 3 unit mobil damkar (pemadam kebakaran) yang kita berangkatkan. Tiba di lokasi pukul 09.55 dan langsung melakukan upaya pemadaman," jelas Firmando. 

Upaya pemadaman berlangsung selama lebih dari 1 jam, api baru dapat dipadamkan pada pukul 11.45 WIB. Dalam peristiwa tersebut, seluruh bagian rumah nyaris ludes dilalap si jago merah. 

Bagian atap juga juga terlihat nyaris habis dan ambrol karena terbakar. Bekas hitam akibat hangus terbakar juga masih terlihat di bagian tembok yang masih berdiri pada bangunan berlantai 2 itu. 

Sementara itu, petugas memperkirakan kerugian materil yang diakibatkan dalam peristiwa itu kurang lebih mencapai Rp 100 juta. Atas peristiwa tersebut, Firmando mengimbau warga agar lebih waspada. 

Terutama di tengah musim penghujan saat ini, saluran listrik yang kurang memadai juga dinilai berpotensi dan dapat memicu terjadinya korsleting listrik. 

"Lebih waspada saat akan meninggalkan rumah dan lingkungan sekitar untuk deteksi dini dan antisipasi kejadian apa saja. Baik kebakaran maupun masalah keamanan," jelas Firmando. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru