Malangtimes

Kericuhan Terjadi di Muspimnas PMII di Tulungagung

Nov 21, 2022 19:58
Potongan video mahasiswa saling kejar di halaman kampus tempat diselenggarakannya Muspimnas PMII. (Foto : Istimewa / Tulungagung Times)
Potongan video mahasiswa saling kejar di halaman kampus tempat diselenggarakannya Muspimnas PMII. (Foto : Istimewa / Tulungagung Times)

JATIMTIMES - Beredar video kericuhan di arena Muspimnas Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Muspimnas PMII) di Universitas Islam Negeri (UIN) Sayid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dua video masing-masing berdurasi 20 detik dan 24 detik itu beredar di media sosial.

Akibat kerusuhan itu, sejumlah fasilitas kampus yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan ini dikabarkan rusak.

Dari keterangan sejumlah sumber, kericuhan ini terjadi pada Minggu malam hingga Senin dini hari (20-21 November 2022).

Lokasi asrama yang kemudian disebutkan membuat para mahasiswa terjebak berada di Gedung Syaifudin Zuhri. Para mahasiswa itu  kemudian dievakuasi polisi.

"(Dari lokasi) ada badik, kita amankan dari mahasiswa," kata AKBP Eko Hartanto, kapolres Tulungagung, kepada awak media.

Menurut dia, kejadian lanjutan ini masih dalam satu rangkaian kegiatan internal PMII pada rangkaian kegiatan muspimnas.

Kegiatan yang sebelumnya tenang dan berjalan baik ini tiba-tiba menjadi ribut dan bahkan berujung kericuhan hingga saling kejar antar-mahasiswa.

"Sebagai aparat penegak hukum, kami menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas). Kami juga memonitor," ungkap kapolres.

Ada 75 mahasiswa yang diamankan dalam bentrokan ini. Polisi memastikan evakuasi yang dilakukan semata untuk mencegah agar keributan tidak meluas. Selain polisi, pihak pengamanan (pam) internal juga telah melakukan upaya persuasif.

Namun, karena adanya potensi konflik internal antarpeserta muspimnas telah ada, maka insiden tidak dapat sepenuhnya dicegah.

Belum didapatkan keterangan terkait hal apa keributan ini terjadi antarmahasiswa yang menggelar hajatan tingkat nasional di Kabupaten Tulungagung ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru