Malangtimes

Gempa Cianjur, 56 Korban Tewas, 1.362 Rumah Rusak Parah

Nov 21, 2022 19:05
Kerusakan bangunan akibat gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (Foto: istimewa)
Kerusakan bangunan akibat gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 melanda kawasan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21 November 2022). Akibat gempa ini, korban meninggal dunia terus bertambah menjadi 56 orang.

Korban meninggal didominasi anak-anak, sekitar 40 anak. Sementara jumlah korban luka 700 orang dan 70 persen di antaranya luka berat.

"Data paling baru, korban meninggal mencapai 56 orang dengan 40 di antaranya merupakan anak-anak. Kebanyakan anak-anak. Mereka tertimpa bangunan yang ambruk," kata Bupati Cianjur Herman Suherman.

Jumlah korban meninggal diperkirakan masih bisa bertambah. Sementara kondisi rumah rusak mencapai  1.362 unit. Terdiri dari gedung pemerintah, fasilitas pendidikan, toko, dan rumah warga.

Menurut Herman, banyak daerah yang terisolasi akibat akses jalan terputus pascagempa. Sementara itu, wilayah yang paling terdampak berada di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Cilaku (Desa Rancagong), Kecamatan Cianjur (Desa Limbangan Sari), dan Kecamatan Cugenang.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat guncangan  gempa terjadi selama 10-15 detik di wilayah Cianjur. Durasi guncangan yang terasa di Cianjur paling lama dibanding daerah sekitarnya.

Bupati Cianjur bahkan menyebut listrik mati di sejumlah wilayah. Terjadi pula longsor di beberapa titik hingga menyebabkan akses terputus.

Selain itu, gempa dirasakan masyarakat di kawasan Jabodetabek. Getaran gempa membuat sejumlah gedung perkantoran berguncang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir akibat gempa yang memiliki kedalaman 10 kilometer itu, tak ada potensi tsunami. Meski demikian, BMKG memperingatkan kemungkinan terjadi gempa susulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru