Malangtimes

Capaian BIAN di Atas 95 Persen, Pemkot Batu Raih Penghargaan dari Gubernur Jatim

Nov 21, 2022 16:24
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat memberikan makan tambahan kepada balita di Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat memberikan makan tambahan kepada balita di Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pemkot Batu berhasil dalam menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Measles-Rubella (MR) atau Campak-Rubela di Kota Batu. Berkat hal tersebut Pemkot Batu dianugerahi penghargaan dari Gubernur Jawa Timur.

Yakni penghargaan atas pencapaian Imunisasi tambahan MR (BIAN) minimal 95 persen pada perpanjangan pertama. 

“Syukur luar biasa dan terimakasih pada seluruh masyarakat Kota Batu karena sudah turut aktif berpartisipasi dalam kesuksesan capaian Imunisasi MR,” kata Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

Ya capaian target Kota Batu mencapai 96,89 persen atau 12.692 anak telah melaksanakan BIAN di Kota Batu. Dengan jumlah proyeksi anak usia 9-59 bulan sejumah 13.100 balita.

Dengan demikian masih ada 408 balita yang belum mendapatkan vaksin. Meski demikian capaian riil yang tercatat sudah mencapai 100 persen.

“Berdasarkan data proyeksi masih kurang 408 anak. Tapi secara riil sudah 100 persen,” ungkap Koordinator Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Penanganan Bencana, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu, dr Susana Indahwati.

Sedang BIAN merupakan pemberian imunisasi tambahan Measles-Rubella (MR) serta melengkapi dosis imunisasi polio dan DPT-HB-Hib yang lewat. Manfaat BIAN sendiri dapat mencegah kesakitan dan kecacatan akibat campak, rubella, polio, difteri, pertusi (batuk rejan), hepatitis B, pneumonia (radang paru), serta meningitis (radang selaput otak). 

Selain itu anak usia 12 hingga 59 bulan juga mengikuti imunisasi kejar yang meliputi DPT-Hb-Hib untuk mencegah enam penyakit pada BIAN ini. Yakni difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, pneumonia (radang paru), dan meningitis (radang selaput otak).

Untuk imunisasi OPV jumlah sasaran 82 balita sudah terimunisasi 77 balita atau presentasenya 95,06 persen. Lalu untuk imunisasi DPT-Hb-Hib 1.093 balita sudah terlaksana kepada 943 balita atau 86,3 persen, dan imunisasi IPV dari 488 sasaran balita sudah dilaksanakan pada 474 balita atau 97,1 persen.

Sementara itu berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, mencatatkan Jawa Timur sebagai provinsi dengan capaian imunisasi anak tertinggi secara nasional. Jawa Timur menempati posisi pertama nasional dalam capaian vaksinasi BIAN dengan 2.331.229 anak telah melakukan imunisasi MR atau Campak-Rubella. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru