Malangtimes

Program Strategis Daerah Kabupaten Malang Diproyeksikan Picu Pertumbuhan Investasi

Nov 20, 2022 18:48
Kepala DPKPCK Kabupaten Malang, Budiar Anwar.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Kepala DPKPCK Kabupaten Malang, Budiar Anwar.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Iklim investasi di Kabupaten Malang sedang bertumbuh. Hal tersebut diyakini buah dari sejumlah program strategis daerah yang saat ini telah dirancang oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dan tengah berjalan prosesnya. 

Untuk itu, Kepala DPKPCK Kabupaten Malang, Budiar Anwar menegaskan bahwa Kabupaten Malang merupakan daerah yang ramah investasi. Namun demikian ada catatan yang harus diperhatikan bagi para calon investor sebelum berinvestasi ke Kabupaten Malang. 

Budiar menegaskan bahwa sebelum investor berinvestasi ke Kabupaten Malang, pertama harus memperhatikan status lahannya. Yakni agar tidak berada pada kawasan pertanian pangan berkelanjutan (KP2B) atau berstatus lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B). 

"Atau apalagi misalnya lahan yang dimiliki di Kabupaten Malang termasuk LSD (lahan sawah dilindungi), itu harus koordinasi dengan (Dirjen) ATR/BPN (Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional) di Pemerintah Pusat," ujar Budiar. 

Budiar mengatakan, sejumlah program strategis daerah yang diperkirakan bakal memicu pertumbuhan iklim investasi di Kabupaten Malang adalah seperti pembangunan dua kampus ternama di Kabupaten Malang. Yakni Universitas Brawijaya di Kepanjen dan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim di Turen. 

"Insya Allah tanggal 10 Desember nanti akan ada groundbreaking untuk pembangunan kampus UB," imbuh Budiar. 

Budiar mengatakan, pembangunan dua kampus tersebut memang diharapkan bisa menumbuhkan iklim investasi di Kabupaten Malang. Salah satunya di bidang properti, baik itu perumahan, kos-kosan, restoran atau bahkan apartment. 

"Mungkin akan ada investasi hotel, kos-kosan, restoran dan lainnya. Karena melihat gelombang mahasiswa yang datang dengan dibangunnya dua kampus ternama itu, di Kepanjen dan Turen. Sukur-sukur ada yang mau membangun apartment," jelas Budiar. 

Selain itu, Kabupaten Malang juga telah membuktikan menjadi daerah yang ramah investasi. Terbaru, hal tersebut dibuktikan dengan penghargaan yang diperoleh Kabupaten Malang sebagai salah satu dari lima Kabupaten Ramah Investasi Properti dari Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (APERSI) beberapa waktu lalu. 

Menurutnya, hal tersebut setidaknya cukup menunjukan bahwa Kabupaten Malang begitu terbuka terhadap peluang investasi yang masuk. Dengan catatan, semua keperluan dan berkas perijinan dilakukan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang ada. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru