Malangtimes

DPUPRPKP Kota Malang Bakal Perkuat Struktur 3 Jembatan 

Nov 20, 2022 14:35
Kepala DPUPRPKP Kota Malang, R Dandung Djulharjanto (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Kepala DPUPRPKP Kota Malang, R Dandung Djulharjanto (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Infrastruktur di Kota Malang, terus mendapatkan perhatian dari pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang. Seperti halnya jembatan yang ada di beberapa titik di Kota Malang. 

"Di tahun depan selain pemeliharaan jembatan di pemukiman, kita ada 4 jembatan besar saat ini, di Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) kemarin kita lakukan Detail Engineering Design (DED) untuk 3 jembatan besar di Kota Malang," jelas Kepala DPUPRPKP Kota Malang, R Dandung Djulharjanto ketika ditemui beberapa waktu lalu. 

Lebih lanjut dijelaskan, jika jembatan tersebut akan dilakukan penguatan struktur, mengingat usia jembatan telah cukup lama. Penguatan struktur utamanya akan dilakukan pada struktur pondasi jembatan. 

"Ada jembatan di Jalan J Agung Suprapto, kemudian Jembatan Majapahit dan Jembatan Brawijaya. Kemudian ada Jembatan Kahuripan ini nanti yang akan kita lakukan revitalisasi," paparnya.

Penguatan ini, tentunya untuk memperkuat jembatan. Sebab, dengan usia jembatan yang sudah cukup lama, terlebih pada bagian bawah struktur jembatan juga cukup rawan, pemeliharaan ini menjadi sebuah hal yang penting. 

"Yang jelas dari 3 itu, unsur penguatan. Kalau memang hasil DED harus dilakukan revitalisasi ya kita lakukan revitalisasi," ungkapnya.

Sementara, untuk Jembatan Kedungkandang, masih sebatas pemeliharaan. Seperti beberapa waktu lalu, terdapat laporan masuk terkait afur. Setelah itu hal tersebut langsung ditindaklanjuti dan sudah selesai.

"Kita sudah langsung tangani," ungkapnya.

Untuk tahun depan, pemeliharaan infrastruktur juga dilakukan DPUPRPKP Kota Malang. Salah satunya adalah drainase di kawasan Sawojajar.  "Yang jadi konsentrasi tahun depan di Sawojajar. Jadi prioritas. Kalo APBD kontstruksinya sudah disetujui, mungkin di akhir tahun ini kita mulai proses pengadaannya untuk di Danau Jonge itu super prioritas," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru