Malangtimes

Satu Jembatan Kota Malang Segera Direvitalisasi, Tiga Diperkuat

Nov 20, 2022 04:50
Kepala DPUPRPKP Kota Malang R Dandung Djulharjanto saat ditemui di Gedung DPRD Kota Malang, Selasa (1/11/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala DPUPRPKP Kota Malang R Dandung Djulharjanto saat ditemui di Gedung DPRD Kota Malang, Selasa (1/11/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang akan membenahi empat jembatan pada tahun 2023.

Kepala DPUPRPKP Kota Malang R. Dandung Djulharjanto mengatakan, empat jembatan yang akan dibenahi terbagi dalam dua kategori. Yakni dilakukan penguatan serta revitalisasi.

Tiga jembatan yang akan dilakukan penguatan yakni jembatan Jalan Jaksa Agung Suprapto, jembatan Jalan Majapahit dan jembatan Brawijaya (Splendid). Sedangkan satu jembatan yang akan dilakukan revitalisasi yakni jembatan Jalan Kahuripan.

Dandung mengatakan, keempat jembatan yang akan dbenahi itu memang kondisinya kian mengkhawatirkan. Pasalnya, bangunan dan fondasi  masing-masing jembatan memang perlu dilakukan penguatan.

"Intinya perlu ada penguatan struktur di bawahnya dan memang sudah waktunya ada pemeliharaan (jembatan)," ujar mantan sekretaris DPUPRPKP Kota Malang itu.

Jembatan Kahuripan rencananya akan dilakukan revitalisasi total oleh DPUPRPKP Kota Malang. Sedangkan untuk tiga jembatan yang akan dilakukan penguatan yakni Jembatan Jaksa Agung Suprapto, Jembatan Majapahit dan Jembatan Brawijaya (Splendid), pada perubahan anggaran keuangan (PAK) tahun anggaran 2022 sedang memasuki pengkajian oleh tim ahli.

"Pada PAK 2022, tiga jembatan itu kami lakukan detail engineering design (DED). Kalau hasil DED mengharuskan revitalisasi, ya kami revitalisasi," terang Dandung.

Sementara itu, ketika disinggung mengenai pembenahan jembatan Jalan Soekarno-Hatta yang berada di persimpangan depan Universitas Brawijaya (UB), Dandung tidak dapat memberikan keterangan lebih lanjut. Pasalnya, pembenahan untuk jembatan Soekarno-Hatta merupakan wewenang Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) karena termasuk jalan provinsi. Terlebih lagi, pihaknya memang belum mengetahui kondisi bangunan jembatan Soekarno-Hatta secara menyeluruh.

Namun, jika diperlukan untuk memberikan usulan, DPUPRPKP Kota Malang  akan memberikan usulan kepada Pemerintah Provinsi Jatim agar melakukan kajian atas kondisi Jembatan Soekarno Hatta. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru