Malangtimes

Masyarakat Desa Ringintelu Swadaya Tuntaskan Jembatan Penghubung yang Rusak

Nov 18, 2022 20:24
Suasana kebersamaan dan gotong royong masyarakat membangun jembatandi Dusun Yudomulyo Desa Ringintelu Kecamatan Bangorejo Banyuwangi (Istimewa)
Suasana kebersamaan dan gotong royong masyarakat membangun jembatandi Dusun Yudomulyo Desa Ringintelu Kecamatan Bangorejo Banyuwangi (Istimewa)

JATIMTIMES – Masyarakat Dusun Yudomulyo Desa Ringintelu Kecamatan Bangorejo Banyuwangi Jawa Timur melaksanakan program swadaya murni pembangunan jembatan berukuran 4 x 9 meter yang menjadi akses warga melakukan aktivitas pertanian.

Pembangunan ini menghabiskan dana sekitar 180 juta. Upaya pembangunan jembatan penghubung tersebut tidak lepas dari sosok Mas Kaji Arifin , sapaan akrab Mochammad Zaenul Arifin, SE seorang tokoh pemuda dan masyarakat Banyuwangi yang sangat berperan penting terwujudnya pembangunan penghubung jalan desa ke masyarakat sekitar timur sungai dan persawahan di wilayah Banyuwangi selatan tersebut. 

Menurut H Arifin, pembangunan jembatan berukuran 4 x 9 meter yang menjadi akses warga melakukan aktifitas pertanian di Dusun Yudomulyo menghabiskan dana sekitar 180 juta. Pembangunan jembatan dimulai sekitar bulan 7 juli 2022 murni dari swadaya masyarat sekitar yang rukun kompak dan kerjasama yang baik serta bergotongroyong untuk bisa mewujudkan jembatan yang diharapkan tuntas dalam akhir tahun ini. “Selain itu juga didukung dan dibantu oleh para dermawan, kelompok Pemuda Yudomulyo Bersatu ( KYB), simpatisan dan para petani serta masyarakat sekitar,” jelas Kaji Arifin kepada wartawan Jatim Times  Jumat (18/11/2022). 

Dia menuturkan dalam proses perencanaan juga diadakan pertemuan dan rapat-rapat intensif dan dilakukan dengan mengundang Kaji Arifin selaku pembina Karang Taruna Desa Ringintelu maupun pembina kelompok Pemuda sekitar yang dinilai mampu menggerakkan warga demi terwujudnya jembatan penghubung tersebut. “Karena jembatan tersebut merupakan akses menuju persawahan dan penduduk yang tinggal di timur sungai, sehingga saat ini dan dimasa mendatang jembatan tersebut sangat penting karena masyarakat sudah mulai banyak bikin rumah di sana,”imbuhnya.

 Dalam rapat bersama perangkat Desa Ringin Telu yang di hadiri Kepala Desa, Kamituwo dan tokoh masyarakat yang dipimpin oleh Camat Bangorejo, yang intinya bagaimana jembatan ini biar cepat selesai dengan meminta tolong bantuan tenaga fikiran maupun dana kepada H. Arifin.

 Alhamdulillah akhirnya semua pihak sepakat untuk bisa segera mungkin menyelesaikan jembatan tersebut Ketua AMPG Kabupaten Banyuwang tersebut menambahkan target pembangunan jembatan penghubung tersebut tuntas akhir tahun ini harus selesai. “Nantinya kendaraan roda 4 (empat) bisa masuk.

 Sedangkan untuk perawatan memanfaatkan sisa dana yang ada dan urunan bersama di samping juga berharap ada alokasi atau njagakne Dana Desa (DD) kalau ada,” pungkas Kaji Arifin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru