Malangtimes

Rektor Unisma Resmikan Gedung Laboratorium dan Sport Center, Fasilitas Kampus Semakin Lengkap

Nov 18, 2022 17:01
Rektor Unisma Prof Dr Maskuri bersama jajaran civitas Unisma dan pengurus yayasan meresmikan sarana baru Unisma (Ist)
Rektor Unisma Prof Dr Maskuri bersama jajaran civitas Unisma dan pengurus yayasan meresmikan sarana baru Unisma (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) terus melangkah maju dalam berbagai bidang. Salah satunya pada bidang infrastruktur yang mendukung sarana pembelajaran yang representatif. 

Hari ini, Jumat (18/111/2022), gedung baru dan sarana pendukung pembelajaran baru diresmikan Rektor Unisma bersama civitas Unisma dan pengurus Yayasan Unisma. 

Gedung atau sarana baru yang diresmikan tersebut yakni. Laboratorium Lapang Terpadu Kebonagung, Laboratorium Terpadu 2 Jenglong, Alat Laboratorium dan Mesin Produksi serta Gedung Sport Center dan Ballroom Unisma.

3

Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi, menyampaikan, dalam posisi Unisma dengan Akreditasi Unggul, dijelaskan Prof Maskuri harus didukung dengan berbagai macam sarana yang unggul, seperti halnya laboratorium dan yang lainnya. 

Laboratorium merupakan jantung dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Laboratorium juga akan menjadi daya ungkit untuk mewujudkan indikator kinerja utama dalam pengembangan kampus maupun kualitas sumberdaya manusia. 

"Daya ungkit ini juga untuk pengembangan dalam bidang riset, jurnal, penulisan buku, untuk memperoleh paten, memperoleh HaKI melalui laboratorium itu," jelasnya. 

2

Namun sisi lain, laboratorium bukan hanya akan memberikan bekal kepada mahasiswa, namun juga memberikan tambahan pengalaman dan wawasan pengetahuan yang lebih luas dan mendalam.

"Laboratorium ini kita lengkapi juga dengan kelas-kelas, ada pembelajarannya, setelah itu bisa masuk ke laboratorium di sampingnya, sehingga ini sangat representatif," paparnya.

Sarana yang representatif yang dimiliki Unisma, tentunya akan mendukung dalam cita-cita besar Unisma untuk menuju World Class University (WCU).  Untuk itu, pengelola laboratorium nantinya adalah orang-orang dengan kompetensi mumpuni. 

Mereka nantinya kita dorong untuk menjalin kemitraan dengan pihak-pihak terkait dalam rangka mewujudkan produk - produk hasil dari penelitian di laboratorium. "Tadi ada produk pupuk, ada obat, yogurt dan lainnya," paparnya.

1

Selain itu, laboratorium nantinya juga terbuka untuk berbagai pihak untuk berkolaborasi dengan Unisma melakukan riset untuk kemaslahatan umat maupun kemajuan dunia pendidikan.

"Targetnya adalah bagaimana Unisma bisa menghasilkan income untuk menguatkan yayasan. Sehingga bukan hanya untuk pendidikan, namun harapannya bisa menghasilkan program yang berpotensi ekonomi sehingga dapat semakin menguatkan Unisma," paparnya.

Sport Center dan Ballroom menjadi bagian tak terpisahkan dalam mewujudkan cita-cita kampus. Sarana tersebut dapat dimanfaatkan dalam mendukung bakat dan minat para mahasiswa untuk mengibarkan nama Unisma di tingkat nasional maupun internasional. 

"Setalah ini akan kita bentuk direktur (laboratorium maupun sport center) masing-masing. Yang jelas kita terus berinovasi," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru