Malangtimes

Setelah Surabaya, Kota Batu Juga Hapus PR Bagi Siswanya 

Nov 18, 2022 08:23
Ilustrasi suasana siswa SD di dalam kelas (foto: google)
Ilustrasi suasana siswa SD di dalam kelas (foto: google)

JATIMTIMES - Setelah beberapa waktu lalu menjadi perbincangan hangat, siswa di Surabaya meniadakan Pekerjaan Rumah (PR). Kali ini, sejumlah siswa SD dan SMP di Kota Batu juga menerapkan aturan yang sama, yakni meniadakan PR. 

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Batu, Tatik Ismiati aturan meniadakan PR itu utamanya bagi sekolah yang sudah menerapkan fullday. Baik sekolah swasta maupun negeri. 

"Saya tahu yang meniadakan PR itu ada tiga atau empat. Salah satunya adalah SD Muslim Cendekia. Kalau secara keseluruhan saya ngga pegang data perlu identifikasi," kata Tatik, dilansir detikjatim. 

Diketahui, sejak 10 November 2022 lalu, Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya membebaskan PR. Hal itu dilakukan untuk mengurangi beban tugas kepada pelajar SD dan SMP. Sehingga harapannya waktu belajar anak hanya di sekolah saja. 

Aturan itu pun menuai pro kontra di masyarakat. Beberapa komentar menyebut setuju dengan kebijakan ini. 

"Setuju! Kalo mau kasih PR, beneran pekerjaan rumah. Bantu ibu cuci piring, bantu sapu-sapu, bantu masak, bantu ayah apa kek, bantu keluarga, bantu tetangga, dil karena yang namanya belajar bukan cuma buat ujian naik kelas, tapi buat ujian hidup yang sesungguhnya. Dimana practical lifeskill itu dibutuhkan banget dewasa nanti. Kalo belajar cuma sekedar akademis, demi nilai duniawi, terlalu sempit definisi belajar. Jadi cukuplah di sekolah belajar keilmuan bidang," @andini.an***. 

Namun ada juga yang menolak atas kebijakan penghapusan PR ini. 

"Sebenarnya PR itu membiasakan anak untuk mau belajar, karena pada kenyataannya anak tidak akan belajar jika tidak ada PR. Justru yang perlu dipertimbangkan adalah full day school untuk ditinjau ulang karena waktunya terlalu panjang sampai rumah baru duduk sebentar harus mengerjakan PR. Jadi yang perlu digaris bawahi adalah bukan PR nya tetapi full day schoolnya," @rororame***. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru