Malangtimes

Besok Pendaftaran P3K di Kota Batu Ditutup, Formasi Nakes Sepi Peminat

Nov 17, 2022 20:04
Salah satu P3K yang lolos melakukan penandatangan di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu P3K yang lolos melakukan penandatangan di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES -  Kuota pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) pada tahun 2022 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) yang diberikan kepada Pemkot Batu sebanyak 92 pegawai. Sejak dibukanya pendaftaran formasi tenaga kesehatan sepi peminat.

Rekrutmen P3K itu dibuka terhitung sejak 10-18 November mendatanr. Dengan rincian kebutuhan formasi tenaga kesehatan untuk 14 orang dan sisanya formasi guru sebanyak 78 orang.

“Mulai hari pertama sampai saat ini Kamis (17/11/2022) sudah ada 4 pendaftar yang masuk untuk formasi nakes. Sempat awal-awal tidak ada,” ucap Kepala Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu, M Nur Adhim.

Jika pendaftar formasi nakes sepi peminat, lain halnya dengan formasi guru yang sudah digeruduk pendaftar. Totalnya yang daftar formasi guru ada 80 pendaftar. Rendahnya minat pendaftar pada formasi nakes lantaran adanya beragam persyaratan yang berlaku. Di antaranya untuk nakes harus terdaftar di Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK). Begitu juga, guru harus terdaftar di data pokok pendidikan (dapodik).

“Jadi seleksi P3K tahun 2022 ini ketentuannya hanya yang terdata di dapodik khusus guru maupun SISDMK  khusus untuk nakes. Sehingga yang tidak bisa memenuhi persyaratan tersebut tidak bisa mendaftar,” tambah Adhim yang juga mantan Kepala Satpol PP Kota Batu ini.

Sedangkan tingginya minat pada formasi guru banyak pelamar menempati kategori prioritas I hasil seleksi 2021. Kategori prioritas I dapat langsung ditempatkan pada satuan pendidikan berdasarkan kuota penetapan kebutuhan P3K jabatan fungsional (JF) guru.

“Jika masih ada kuota lagi, maka dibuka seleksi kompetensi melalui penilaian kesesuaian bagi pelamar prioritas II dan prioritas III,” tutup Adhim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru