Malangtimes

Kerja Sama Internasional, Al Hidayah Foundation Thailand Kunjungi Unikama

Nov 17, 2022 19:07
Jajaran civitas Unikama sambut kunjungan Al Hidayah Foundation Thailand. (Ist)
Jajaran civitas Unikama sambut kunjungan Al Hidayah Foundation Thailand. (Ist)

JATIMTIMES  – Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menerima kunjungan dari Al Hidayah Foundation Thailand, Rabu (16/11/2022). Kunjungan ini untuk membahas implementasi kerja sama di bidang pendidikan.

Al Hidayah Foundation  merupakan yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan sosial di Thailand. Dalam kunjungannya, delegasi Al Hidayah dipimpin Abdul Meatam selaku ketua Yayasan Al Hidayah Foundation yang juga menjabat sebagai staf Konjen RI di Thailand.

Pertemuan ini menjadi bagian dari realisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang tidak hanya melibatkan pemerintah, namun juga institusi dengan institusi.

1

Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian dalam sambutannya menyampaikan bahwa peluang dari kerja sama ini dapat mendorong mahasiswa Unikama untuk berkiprah di dunia pendidikan di luar negeri, khususnya untuk praktik keguruan.

Melalui kerja sama dengan Al Hidayah Foundation ini, Unikama berharap bisa membangun kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran atau penelitian, terutama praktik mengajar. "Tentunya agar para mahasiswa bisa terbuka wawasannya dan sekaligus belajar berinteraksi dengan dunia pendidikan di luar," jelas Pieter.

Selain itu, tidak tertutup kemungkinan melalui kerja sama ini, para dosen juga harus bersiap untuk melakukan penelitian di luar negeri dan menambah relasi dalam join research.

2

Ketua Yayasan Al Hidayah Foundation Abdul Meatam menyampaikan apresiasi atas sambutan baik rektor Unikama. Pihaknya menyampaikan, terdapat beberapa misi yang dibawa, baik dari pemerintah Indonesia maupun dari yayasan.

"(Misi yang dibawa)  di antaranya adalah kerja sama untuk pembinaan mahasiswa yang tidak hanya untuk Indonesia, namun juga mahasiswa Thailand. Karena sudah ada ribuan mahasiswa Thailand yang sekarang melaksanakan studi di Indonesia," paparnya.

Lebih lanjut Meatam menjelaskan,  terdapat peluang kerja sama lainnya yang selaras dengan penyampaian rektor Unikama, yaitu di bidang penelitian dan pertukaran sumber daya manusia (SDM), terutama bagi para dosen yang ingin melakukan join research selama satu semester atau satu tahun.

Sedangkan untuk mahasiswa, yakni pelaksanaan praktik magang atau kuliah kerja lapangan (KKL) dan dapat dilaksanakan satu bulan. 

Hal ini pun disambut baik oleh seluruh fakultas di Unikama. Diharapkan, kegiatan ini dapat menumbuhkan peluang kerja sama lain yang bisa meningkatkan kualitas universitas. Adapun penawaran kerja sama dari Thailand yaitu di bidang peternakan dan pertanian.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru