Malangtimes

Serba Serbi Sajian Gala Dinner KTT G20, Makanan Nusantara dari Jawa hingga Aceh

Nov 17, 2022 18:32
Suasana gala dinner KTT G20 di Bali (foto: google)
Suasana gala dinner KTT G20 di Bali (foto: google)

JATIMTIMES - Sebagai tuan rumah Presidensi G20, Pemerintah Indonesia berupaya maksimal untuk memberikan layanan terbaik kepada para tamu. Termasuk salah satunya pemilihan menu makanan untuk welcoming gala dinner

Mengutip keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden, menu yang disajikan dalam gala dinner KTT G20 adalah makanan khas dari berbagai daerah di Nusantara. Mulai makanan khas dari Jawa, Bali, Sulawesi Utara, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Utara, hingga Aceh.

Untuk menu pembuka gala dinner, disajikan aneka hidangan makanan ringan. Seperti rumput laut, salad dengan bumbu rujak Bali, hingga perkedel jagung daging rajungan Manado. 

Sementara menu utama gala dinner ada beragam. Seperti tenderloin sapi wagyu khas Lampung, rendang Padang, mousseline singkong dan kentang, asparagus dalam saus kunyit Bali dan puree terong balado. Sedangkan untuk menu penutup, para undangan menikmati cokelat mousse Aceh, nasi tuille, beras ketan hitam dengan kelapa parut dan coulis mangga.

Untuk memastikan makanan itu layak disantap oleh para pemimpin negara G20, Presiden Jokowi pun turun langsung mencicipi satu persatu makanan yang hendak disajikan untuk menu gala dinner KTT G20. 

"Saya ngetes makanan untuk kepala negara, tiga hari sebelum hari H. Kalau panas ya panas. Jangan dingin. Sampai segitu saya memastikan agar semua berjalan lancar," tegas Jokowi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru