Malangtimes

Para Pemimpin Negara G20 Tidak Lakukan Family Photo, Ini Jawaban Jokowi

Nov 17, 2022 18:11
Jokowi saat sampaikan pidatonya dalam acara KTT G20. (foto dari internet)
Jokowi saat sampaikan pidatonya dalam acara KTT G20. (foto dari internet)

JATIMTIMES - Acara Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty atau KTT G20 di Bali telah berakhir. 

Namun, di akhir  acara besar itu, tak terlihat para pemimpin negara melakukan sesi foto bersama atau family photo.

Mengenai hal tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menjelaskan bahwa sesi family photo dilakukan saat kunjungan ke Taman Hutan Raya (Tahura), Bali.

Namun, berdasarkan penayangan video yang disiarkan di akun media sosial, para pemimpin G20 tak melakukan sesi foto bersama formal sejak acara KTT G20 dimulai pada Selasa (15/11/2022). 

Pada penayangan video tersebut, terlihat para pemimpin dunia awalnya menghadiri pembukaan KTT G20 Bali di The Apurva Kempinski.

Kemudian, para pemimpin dunia bergantian masuk ke The Apurva dan langsung disambut Presiden Joko Widodo. 

Lalu, acara KTT G20 dibuka secara resmi setelah semua delegasi hadir. Setelah dibuka, Jokowi sebagai tuan rumah memberikan sambutan.

Jokowi berbicara mengenai berbagai krisis yang melanda dunia. Jokowi juga menyerukan agar perang segera dihentikan.

Setelah sesi I KTT selesai, Jokowi mengajak para pemimpin dunia untuk menyantap makan siang secara bersama-sama. 

Namun foto bersama hanya dilakukan para pemimpin negara MIKTA, yang terdiri atas Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia. MIKA dibentuk pada 2013 sebagai forum kerja konsultatif.

Setelah itu, acara berlanjut pada sesi II KTT G20 yang kemudian berlanjut pada acara welcoming finner. 

Tak ada sesi foto bersama dalam acara itu. Seusai acara, para pemimpin dunia sempat berbincang-bincang sebelum kembali ke hotel tempat bermalam.

Keesokan harinya, Jokowi mengajak para pemimpin dunia untuk mengunjungi Taman Hutan Raya (Tahura) Bali.  Acara tersebut sempat mundur lantaran Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin menggelar rapat darurat setelah rudal jatuh di Polandia.

Dalam kunjungan ke Tahura  itu, para pemimpin dunia dan Jokowi menanam pohon mangrove. Baru setelah itu, mereka berfoto sambil mengangkat pacul.

Namun, dalam sesi foto itu tidak semua pemimpin dunia ikut dalam acara kunjungan tersebut. Beberapa di antaranya sudah pulang pada Selasa malam.

Ada juga para pemimpin yang tidak hadir di lokasi. Misalnya PM Inggris Rishi Sunak dan PM Kanada Justin Trudeau.

Lalu, setelah itu Jokowi melanjutkan acara KTT G20 sesi III atau sesi terakhir. Setelah itu, Jokowi menutup acara KTT G20 Bali dan menyerahkan mandat kepemimpinan kepada India.

Saat ditanya soal foto bersama, Jokowi menjawab sudah melakukan sesi foto bersama saat di Tahura Bali. "Kan ada kemarin di Tahura Ngurah Rai Mangrove, kan foto bersama," ujar Jokowi di Pasar Badung, Bali, Kamis (17/11/2022).

Jokowi juga menyampaikan sudah melakukan sesi foto bersama saat di The Apurva. Jokowi juga mengatakan foto bersama tidak harus selalu standar.

"Sudah, gimana sih. Foto bersama hutan mangrove kan ada bawa cangkul, nanam mangrove. Salaman satu per satu di hotel. Masa kita harus selalu standar. Kan ndak," imbuh Jokowi.

Berkaca dari acara G20 di negara lain, para pemimpin dunia berfoto dengan formasi lengkap dan standar.  Pada KTT G20 di Italia, photo family dilakukan dan posisi Jokowi berada di barisan depan di sebelah PM Italia Mario Draghi dan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah.

Kemudian pada KTT G20 di China, Jokowi diapit Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Sesi foto bersama juga berlangsung di titik penyambutan tamu kepala negara G20 di gedung INTEX Osaka, Jepang, Jumat 28 Juni 2019. Para pemimpin negara G20 berbaris bersama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru