Malangtimes

Kisah Rudy Kurniawan, Penipu Asal Indonesia yang Jadi Buronan FBI hingga Kejahatannya Dibikin Film

Nov 17, 2022 07:18
Rudy Kurniawan, penipu wine asal Indonesia yang menggegerkan dunia (foto: Google)
Rudy Kurniawan, penipu wine asal Indonesia yang menggegerkan dunia (foto: Google)

JATIMTIMES - Rudy Kurniawan, adalah salah satu penipu terbesar asal Indonesia yang kasusnya menghebohkan Amerika Serikat hingga dibuatkan film di Netflix. 

Sejak 2004, Rudy Kurniawan sudah menipu orang-orang kaya di Amerika dengan menjual wine palsu. Ia bahkan dijuluki raja pemalsu wine sampai bisa meraup jutaan dolar, seperti dilansir kanal YouTube Best Documentary. 

Jika biasanya untuk mendapatkan wine yang bagus dengan menahan wine itu sampai tua. Rudy berhasil menjual wine kepada konglomerat dengan membranding labelnya sendiri hingga seolah-olah wine itu berusia tua. 

Kebohongannya itu terbongkar, setelah ia blunder menjual wine keluaran 1929, padahal pabrik wine itu baru buka di 1982. 

Kasus Rudy ini pun sampai melibatkan FBI dan bahkan netflix membuatkan filmnya yang mengangkat kisah Rudy, berjudul Sour Grape

Untuk diketahui, Rudy Kurniawan merupakan keponakan Eddy Tansil buron koruptor terlama di Indonesia yang menggemparkan publik karena melarikan diri dari penjara. 

Sebelumnya, pada era 90-an akhir, Rudy Kurniawan dikirim ke Amerika untuk mengenyam pendidikan di California State University, Northridge. Selesai menempuh pendidikan, Ia memutuskan untuk tinggal di Amerika dengan visa pelajar. 

Karena tak lagi menjadi pelajar, Rudy diperintah untuk mendeportasi diri secara sukarela U.S Immigration and Customs Enforcement. Namun ia memutuskan tinggal di Amerika secara ilegal hingga menjadi pebisnis. 

Bisnis penipuan Rudy kian berkembang, utamanya banyak pelanggan dari kalangan konglomerat yang tergoda dengan bisnisnya. Bahkan Ia pernah memecahkan rekor penjualan anggur di sebuah lelang. 

Penipuan yang dilakukan juga tak tanggung-tanggung, Rudy juga memiliki gudang anggur yang dinilai menjadi gudang terbaik di dunia. Ia juga dikenal memiliki gaya hidup glamour untuk mendapatkan hati para konglomerat.   

Ternyata selama ini, Rudy membuat wine atau minuman anggur sendiri. Hanya botol dan labelnya saja yang asli dari pabrikan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru