Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Barometer Pendidikan Nusantara, Disdik Kota Cimahi Studi Tiru ke Disdikbud Kota Malang

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - Nov - 2022, 18:55

Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana SE MM memberikan sambutan dalam kunjungan Disdik Kota Cimahi. (Foto Disdikbud Kota Malang)
Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana SE MM memberikan sambutan dalam kunjungan Disdik Kota Cimahi. (Foto Disdikbud Kota Malang)

JATIMTIMES - Tata laksana atau manajemen di bidang pendidikan yang bagus oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) membuat Kota Malang menjadi Kota Pendidikan yang jadi barometer pendidikan di Nusantara. Hal itu pun menarik jajaran Dinas Pendidikan Kota Cimahi untuk studi tiru ke Disdikbud Kota Malang.

Dalam kunjungan yang dilakukan beberapa waktu lalu ini, rombongan Dinas Pendidikan Kota Cimahi dipimpin langsung Kepala Dinas Hardjono. Turut pula jajaran Bappelitbangda Kota Cimahi.

4

”Terima kasih kami haturkan kepada kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang beserta jajaran yang telah berkenan menerima permohonan kami umtuk melaksanakan kegiatan studi tiru terkait tata kelola BOS dan aset yang telah dilakukan Disdikbud Kota Malang," ujar Hardjono.

Dalam kunjungan studi tiru itu, Disdik Kota Cimahi berharap mendapatkan berbagai hal bermanfaat yang dapat diterapkan di wilayah kerjanya. Dipilihnya Kota Malang menjadi lokasi studi tiru tak lain karena Kota Malang menjadi salah satu barometer Kota Pendidikan yang sudah terkenal di Nusantara.

"Harapannya dengan kegiatan studi ini, kami mendapatkan ilmu, teknik, kebijakan serta berbagai hal positif yang dapat kami implementasikan di Kota Cimahi," ucap Hardjono.

3

Dalam kunjungan Dinas Pendidikan Kota Cimahi itu, Kepala Disdikbud Kota Malang, Suwarjana SE MM menyambut langsung didampingi Sekretaris Dinas Sri Handayani Widyawati, Kepala Sub-Bagian Umum dan Kepegawaian Diah Kusairini, Kepala Seksi Pembinaan Ketenagaan PAUD PNF Wiwik Indarti, serta Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian PAUD PNF Pudjianik.

Dalam sambutannya, Suwarjana menyampaikan apresiasi telah memilih Kota Malang sebagai lokasi studi tiru terkait tata kelola BOS dan aset. Pihaknya berharap bisa saling sharing informasi ataupun sharing kebijakan.

"Apa yang baik di Kota Malang dapat diadaptasi di Kota Cimahi. Pun demikian sebaliknya, apa yang baik di Kota Cimahi akan kami adaptasi di Kotw Malang," tutur Suwarjana. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam melaksanakan tugas pokok serta fungsinya, Disdikbud Kota Malang senantiasa berpatokan pada peraturan yang berlaku. Dan yang tidak kalah penting, yakni selalu mengedepankan koordinasi, komunikasi dan sinergitas seluruh unsur yang ada di Disdikbud Kota Malang. Termasuk jajaran samping dan mitra kerja seperti DPRD, media, LSM.

2

"Bekerja bersama, bersama bekerja menjadi dasar kami dalam mengoordinasi pendidikan dan kebudayaan di Kota Malang," kata Suwarjana.

Dalam studi tersebut, kepala Disdikbud Kota Malang memaparkan secara umum profil, program kerja, inovasi, layanan dan juga berbagai kebijakan yang dijalankan oleh Disdikbud Kota Malang sesuai dengan maksud dan tujuan jajaran Disdik Kota Cimahi. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari tim teknis pengelola aset serta tim pengelola dana BOS (bantuan operasional sekolah).

1

Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni