Malangtimes

Gempa Bumi Magnitudo 5,6 Guncang Bengkulu Sekitarnya, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami 

Nov 16, 2022 14:22
Foto lokasi titik gempa yang diunggah BMKG
Foto lokasi titik gempa yang diunggah BMKG

JATIMTIMES - Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 mengguncang Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Rabu (14/11/2022) pukul 13.01 WIB. Titik koordinat gempa bumi berada di titik 4.81 LS-100.64 BT. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan pusat gempa bumi berada di laut 190 Km Barat Laut Enggano, Bengkulu. 

"#Gempa Magnitudo: 5.6, Kedalaman: 10 km, 16 Nov 2022 13:01:32 WIB, Koordinat: 4.81 LS-100.64 BT (190 km BaratLaut ENGGANO-BENGKULU), Tidak berpotensi tsunami #BMKG," tulis akun resmi BMKG. 

Kedalaman gempa berjarak 10 Km dirasakan di sekitar Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara.

Meski kekuatan Magnitudo besar, BMKG menyebut gempa tidak berpotensi tsunami. BMKG juga menyarankan agar masyarakat waspada terjadi gempa susulan. 

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," tulisnya. 

Selain menginformasikan info gempa, BMKG juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap kemungkinan gempa susulan.

Ketika terjadi gempa, BMKG mengimbau agar masyarakat tidak panik. "Jangan panik dan jangan lupa selalu berdo'a kepada Tuhan YME demi keamanan dan keselamatan kita semuanya," ujar dalam video resmi BMKG imbauan menghadapi gempa. 

Jika berada dalam bangunan, BMKG meminta agar masyarakat melindungi badan dan kepala dari reruntuhan dengan bersembunyi di bawah meja. Pastikan untuk cari tempat paling aman dari reruntuhan dan goncangan. Jika memungkinkan untuk keluar ruangan, lebih baik disarankan untuk keluar. 

Namun jika berada di luar ruangan atau area terbuka, BMKG mengimbau agar masyarakat menghindari bangunan yang ada di sekitar, seperti gedung, tiang listrik dan pepohonan.

Sementara jika sedang mengendarai mobil, masyarakat harus segera keluar, turun dan menjauh dari mobil. Hindari terjadinya pergeseran atau kebakaran.

Sedangkan jika masyarakat sedang berkegiatan di pantai atau warga pantai segera menjauh dari daerah pantai, hindari bahaya tsunami. Namun bila berada di pegunungan, segera hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru