Malangtimes

Aremania Bakal Kirim Surat Asa Keadilan Tragedi Kanjuruhan ke Presiden Jokowi

Nov 15, 2022 17:24
Aremania saat menggelar aksi long march dengan membawa keranda mayat untuk menuntut usut tuntas tragedi Stadion Kanjuruhan, Kamis (10/11/2022) lalu. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Aremania saat menggelar aksi long march dengan membawa keranda mayat untuk menuntut usut tuntas tragedi Stadion Kanjuruhan, Kamis (10/11/2022) lalu. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Aremania bakal mendatangi Kantor Pos Cabang Kota Malang. Tujuannya, Aremania  akan mengirimkan surat asa keadilan pengusutan tuntas tragedi Stadion Kanjuruhan  secara khusus kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Rencananya, pengiriman surat untuk Jokowi itu dilakukan Kamis (17/11/2022). 

Surat untuk presiden itu merupakan gerakan perlawanan lanjutan Aremania untuk mendesak pemerintah lebih serius mengusut tuntas tragedi Stadion Kanjuruhan 1 Oktober 2022 lalu. Sebab, hingga saat ini, dalam tragedi yang menyebabkan 135 orang tewas itu, hanya enam orang yang ditetapkan sebagai tersangka.

Tidak hanya itu. Ada pula anak perempuan bernama Cahaya Meida Salsabila yang turut meninggal dunia atas rentetan tragedi Kanjuruhan. Pasalnya, almarhumah larut dalam kesedihan berkepanjangan atas meninggalnya ayah serta kakaknya dalam tragedi Kanjuruhan. Akibatnya, Salsabila mengalami sakit hingga meninggal dunia. 

Maka dari itu, gerakan pengiriman surat asa keadilan dilakukan untuk mendesak Presiden Jokowi selaku pimpinan tertinggi Republik Indonesia bisa mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan. 

Juru bicara aksi kirim surat asa keadilan untuk Presiden Jokowi, yakni Rama Charis, mengatakan bahwa tragedi Kanjuruhan bukan hanya urusan suporter, melainkan urusan kemanusiaan. Terlebih lagi, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) secara jelas dan tegas menyatakan bahwa tragedi  Kanjuruhan merupakan pelanggaran HAM. 

"Harapan keadilan tidak akan pernah surut bagi arek-arek Malang. Surat ini tidak akan hanya berwujud simbolis, tapi lebih kepada pesan tegas bahwa tidak ada tenggat waktu bagi arek Malang untuk memintakan keadilan bagi 136 nyawa dan korban luka-luka lainnya," ujar Rama, Selasa (15/11/2022). 

Surat Asa Keadilan.

Pihaknya menjelaskan, aksi kirim surat asa keadilan akan dimulai dengan long march. Titik kumpul long march di Stadion Gajayana, kemudian berjalan menuju Kantor Pos Cabang Kota Malang yang berada di Jalan Merdeka Selatan. 

Rama menegaskan, aksi kirim surat asa keadilan tragedi  Kanjuruhan ini merupakan gerakan yang terbuka bagi seluruh elemen masyarakat yang ada di Kota Malang pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. 

Masyarakat yang ingin terlibat dalam gerakan kirim surat asa keadilan ini diimbau untuk menulis surat keluh kesah atas pengusutan tragedi Kanjuruhan yang hingga lebih dari 40 hari pasca-tragedi, hanya ditetapkan enam orang tersangka. 

"Tulis keluh kesahmu tentang tragedi Kanjuruhan. Desakan, marah, kecewa, sedih atau bahkan tentang kerinduanmu dengan teman yang harus berpulang karena tragedi ini. Kawan-kawan di luar Kota Malang bisa turut berpartisipasi kirim surat di Kantor Pos terdekat tanpa batas waktu dan batas jumlah," ungkap Rama. 

Selain itu, masyarakat diimbau untuk membawa amplop dan perangko untuk pengiriman surat asa keadilan. Perangko juga dapat dibeli di Kantor Pos. Nantinya di amplop yang berisi surat asa keadilan, pengirim dapat menuliskan tujuan surat, yakni “Kepada Yang Terhormat Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo”. 

"Alamat tujuannya, kompleks Istana Kepresidenan Jalan Veteran Nomor 16, Gambir, Jakarta Pusat 10110, DKI Jakarta - Indonesia," ucap Rama. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru