Malangtimes

Peresmian Masjid Sheikh Zayed Solo Dihadiri Pejabat RI

Nov 14, 2022 11:46
Masjid Syeikh Zayed akan diresmikan hari ini dan pelantikan kepengurusan masjid juga akan dilakukan hari ini. (Foto dari internet)
Masjid Syeikh Zayed akan diresmikan hari ini dan pelantikan kepengurusan masjid juga akan dilakukan hari ini. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Masjid Sheikh Zayed Al-Nahyan yang berada di Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo akan diresmikan hari ini, Senin (14/11/2022).

Peresmian masjid tersebut dilakukan oleh Presiden Indonesia Jokowi Dodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Mohamed bin Zayed Al-Nahyan.

Selain Presiden, peresmian masjid hadiah dari Pangeran Uni Emirat Arab (UEA) itu juga dihadiri sejumlah pejabat Republik Indonesia (RI). Salah satunya adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Keduanya telah tiba di Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan. Selain Menag Yaqut dan Menhan Prabowo, terlihat juga Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Pangdam IV/Diponegoro, Kapolda Jateng, hingga Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen yang hadir di lokasi.

Para pejabat tersebut tiba di lokasi peresmian Masjid Sheikh Zayed mulai pukul 06.30 WIB. Kemudian, para tamu undangan juga mulai berdatangan menggunakan shuttle bus yang telah disiapkan.

Tak hanya itu, peresmian Masjid Sheikh Zayed itu juga mendapat partisipasi penuh dari masyarakat sekitar. Terlihat, masyarakat sekitar mulai berdatangan pada Masjid Sheikh Zayed dengan membawa bendera merah putih kecil.

Mereka berjajar di pinggir Jalan Ahmad Yani atau tepatnya depan masjid raya di Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo. 

Setelah semua tamu undangan hadir dalam acara peresmian Masjid Sheikh Zayed tersebut, kemudian, Presiden dan beberapa pejabat RI seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melakukan persiapan menyambut kedatangan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo.

Jokowi menyambut Presiden Arab dengan mengenakan pakaian batik hitam dan kopiah hitam. Sementara Muhammad Zayed memakai jubah abu-abu gelap dan tutup kepala.

Saat saling bertemu kedua presiden itu kemudian saling berjabat tangan dan berpelukan, layaknya sudah sangat akrab.

Setelah penyambutan selesai, Jokowi terlihat ikut dalam mobil limosin yang ditumpangi Muhammad bin Zayed dan pergi meninggalkan wilayah bandara.

Setelah Presiden UEA itu tiba di Masjid Sheikh Zayed, Masjid senilai Rp 300 miliar ini resmi dibuka.

Menurut Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib dalam acara peresmian masjid replika Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi ini, kedua Presiden itu diagendakan akan salat tahiyatul masjid.

Setelah itu, Jokowi dan Muhammad bin Zayed akan menandatangani prasasti yang telah disediakan.

"Nanti Presiden Jokowi dan Presiden UEA langsung memasuki area masjid dan beliau berdua akan melaksanakan salat tahiyatul masjid di mimbar, sementara undangan telah melaksanakan salat terlebih dahulu," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru