Malangtimes

Para Pemimpin Dunia Mulai Berkumpul di KTT G20 Bali

Nov 14, 2022 08:17
KTT G20 akan terlaksana di Bali. (Foto dari internet)
KTT G20 akan terlaksana di Bali. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang bertempat di Bali mengumpulkan sejumlah pemimpin dunia.Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Tim Komunikasi dan Media G20, para pemimpin dan tamu undangan G20 tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, sejak Minggu (13/11/2022).

Salah satunya ada Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol. Kedatangan beberapa pemimpin dunia itu disambut hangat oleh Menparekraf Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno mengucapkan selamat datang kepada pemimpin dunia di Indonesia, Bali. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Biden atas kesediaannya menghadiri KTT G20.

"Atas nama pemerintah, bangsa dan rakyat Indonesia kami menyampaikan keinginan untuk lebih banyak kunjungan dan kerja sama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.

Selain Presiden Amerika dan Korea, beberapa pemimpin dunia lainnya juga telah tiba di Bali pada Minggu (13/11/2022) kemarin. Para pemimpin dunia tersebut, diantaranya :

1. Presiden AS Joe Biden

2. Presiden Korsel Yoon Suk-yeol

3. Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida

4. Menlu Rusia S Lavrov

5. Menteri Luar Negeri Mexico Marcelo Ebrard Casaubon,

6. Menteri Urusan Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

7. Chairman World Economic Forum Klaus Martin Schwab

8. Presiden Islamic Development Bank (IsDB) Muhammad Sulaiman Al Jasser

9. Director General International Labour Organization Gilbert F. Houngbo

10. Presiden The Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa

11. Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen

Jumlah kedatangan tamu para pemimpin dunia ini akan terus bertambah hingga Senin (14/11/2022). Berdasarkan data hingga Jumat (11/11), Pemerintah RI telah menerima konfirmasi kehadiran langsung 17 pemimpin G20 pada saat KTT. Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Informasi & Komunikasi Publik Usman Kansong.

"Kami sudah siap untuk menyambut. Demikian juga pengamanan dan pengawalan. Indonesia berupaya menjadi tuan rumah yang baik bagi semua tamu negara yang hadir dalam KTT G20," kata Usman.

Kehadiran para pemimpin, termasuk Presiden RI Joko Widodo adalah sebanyak 37 orang dari total 41 undangan. Sementara pemerintah Fiji, karena tengah menjalani pemilihan umum, akan mengirimkan utusan khusus (special envoy).

Brazil dan Meksiko juga telah menginformasikan bahwa Presiden mereka tidak dapat hadir. Meksiko akan diwakili oleh Menlu Mexico, sementara untuk Brazil masih dilakukan komunikasi mengenai bentuk partisipasinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru