Malangtimes

Hasil Survei Indikator Ungkap Ketum PSSI Pilihan Responden

Nov 13, 2022 18:43
Hasil survei Ketua Umum PSSI lembaga Survei Indikator Politik Indonesia (Indikator)
Hasil survei Ketua Umum PSSI lembaga Survei Indikator Politik Indonesia (Indikator)

JATIMTIMES - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei tentang reformasi PSSI usai Tragedi Kanjuruhan (13/11/2022). 8 Nama masuk dalam survei yang dilakukan pada 30 Oktober-5 November 2022 dengan mewawancarai 1.220 responden secara tatap muka.

Dalam rilis pada laman resminya, metode penarikan sampel menggunakan multistage random sampling. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam  pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah  menikah ketika survei dilakukan.

1.220 sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.220  responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar ± 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen . Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total  sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check).  Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.

Responden diberi pertanyaan yang berbunyi, "di antara nama-nama berikut, menurut Ibu/Bapak siapa yang paling pantas menjadi Ketua Umum PSSI ?... (%)". Hasilnya, Erick Thohir, 24.1 persen paling banyak dipilih sebagai Ketua Umum PSSI.  Erick Thohir lebih banyak dianggap paling pantas sebagai Ketua Umum PSSI di tiap kelompok demografi warga.

Persentase Erick Thohir mengalahkan nama-nama lain seperti Najwa Shihab, Kaesang Pangarep, Mochamad Irawan, Mahfud MD, Azrul Ananda, La Nyala Mattalitti, Ratu Tisha Destria dan lainnya. Perolehan masing-masing nama pun cukup terpaut jauh dengan Erick Thohir. Berikut hasilnya.

1. Erick Thohir: 24,1 persen
2. Najwa Shihab: 10,4 persen
3. Kaesang Pangarep: 5,8 persen
4. Mochamad Iriawan (Iwan Bule): 5,4 persen
5. M Mahfud MD: 4,9 persen
6. Azrul Ananda 3,0 persen
7. La Nyalla Mattalitti: 2,1 persen
8. Ratu Tisha Destria: 1,3 persen
9. Lainnya: 0,4 persen
10. tak tahu: 42,7 persen

1

Kemudian, simulasi mengerucut pada tiga nama, yakni Erick Thohir, Iwan Bule dan La Nyala Mattalitti. Hasilnya, Erick Thohir kembali unggul dengan persentase 40 persen, kemudian Iwan Bule 8,4 persen dan La Nyala Mattalitti 5,1 persen. Sedang 46,5 persen tak menjawab atau tidak tahu.

3

Kemudian, jika dihadapkan secara head to head antara Erick Thohir dengan Iwan Bule, nama Erick Thohir tetap yang unggul. Perolehan persentasenya, Erick Thohir 43,8 persen dan. Iwan Buka 9,3 persen. Sedang 46,8 persen tak menjawab atau tidak tahu.

2

Jika head to head Erick Thohir dengan La Nyala Mattalitti, Erick Thohir tetap menjadi unggulan. Persentase yang diperoleh Erick Thohir tetap mengunguli, yakni sebesar 4,54 Persen dan La Nyalla Mattalitti 6,2 persen. Mereka yang tidak menjawab atau tidak tahu sebesar 48,4 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru