Malangtimes

Hasil Verifikasi Faktual Parpol Peserta Pemilu 2024 Tunggu Pengumuman KPU Pusat

Nov 13, 2022 16:50
Ilustrasi pemilu.(Foto: Istimewa).
Ilustrasi pemilu.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang masih belum dapat mengumumkan hasil verifikasi faktual (verfak) kepengurusan dan keanggotaan partai politik (parpol) yang akan berlaga di Pemilu 2024 mendatang. Hal tersebut lantaran sampai saat ini KPU Kabupaten Malang masih menunggu pengumuman dari KPU pusat  

Komisioner KPU Kabupaten Malang Marhaendra Pramudya Mahardika mengatakan, di wilayah Kabupaten Malang sendiri verfak sebenarnya sudah dilakukan sampai 4 November 2022 lalu. Namun hasilnya masih harus menunggu hasil resmi dari KPU pusat. 

"Verfak sudah dilakukan sampai tanggal 4 November kemarin. Hasilnya sudah di-input ke Sipol (Sistem Informasi Partai Politik). Pengumumannya masih menunggu dari KPU," ujar pria yang akrab disapa Dika ini. 

Sementara itu, saat ini ada 9 parpol yang sedang dilakukam verfak. Kesembilan parpol tersebut adalah PBB, Partai Buruh, Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Hanura, PKN, Partai Perindo, PSI, Partai Ummat.

Sembilan parpol itu diverfak  karena tidak memiliki kursi di parlemen atau DPR. Sedangkan  parpol yang memiliki kursi di parlemen tidak perlu lagi diverfak. 

Berdasarkan catatan KPU Kabupaten Malang, parpol yang tidak perlu dilakukan verfak karena telah memiliki kursi di parlemen juga ada 9. Kesembilan parpol tersebut adalah PPP, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Nasdem, PKB, PDI Perjuangan, Partai Golkar, PAN, dan PKS. 

"Partai yang memiliki kursi di parlemen (DPR RI) tidak dilakukan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan. Di Kabupaten Malang ada 9 parpol parlemen tidak dilakukan verfak," jelas Dika. 

Sementara itu, sebagai informasi, gelaran pemilu serentak akan dilangsungkan pada 2024 mendatang. Gelaran Pemilihan Legislatif -baik DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota- akan bersamaan dengan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) untuk masa jabatan 2024-2029. 

Sedangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilakda) Gubernur, Wali Kota dan Bupati akan dilangsungkan pada 27 November tahun 2024. Sementara saat ini, serangkaian tahapan verfak akan berlangsung hingga penetapan parpol peserta pemilu pada 14 Desember tahun 2024. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru