Malangtimes

Dinkes Kota Batu Akui Kasus Covid-19 Terjadi Peningkatan Signifikan, tapi Tidak Ekstrem

Nov 12, 2022 19:01
Update Covid-19. (Foto: Pemkot Batu)
Update Covid-19. (Foto: Pemkot Batu)

JATIMTIMES - Angka kasus Covid-19 di Kota Batu terus melonjak. Dalam dua hari yang lalu tercatat kasus mencapai 67 pasien aktif. Untungnya kasus aktif kini mulai mengalami penurunan, setelah cukup lama adanya penambahan.

Dari data Dinas Kesehatan Kota Batu pada Sabtu (12/11/2022) kasus aktif berkurang 8 pasien atau ada pasien yang sudah sembuh. Dengan demikian saat ini kasus aktif ada 53 pasien.

Meski begitu jumlah tersebut masih tergolong tinggi. “Kota Batu dua hari yang lalu mencapai 67 pasien aktif itu peningkatan yang siginifikan dibanding sebelumnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg. Kartika Trisulandari.

Ada beberapa faktor yang membuat tingginya kasus aktif di Kota Batu. Yakni sudah banyaknya kegiatan terbuka yang dilakukan tanpa memperhatikan protokol kesehatan. Kemudian munculnya Covid-19 subvarian Omicron XBB.

“Sekarang banyak kegiatan terbuka di dalam ruangan. Harusnya protokol kesehatan juga diperhatikan demi meminimalkan penularan kasus Covid-19,” tambah Kartika.

Meski hadirnya varian Omicron XBB kondisi ini tidak se-ekstrem kondisi Covid-19 sebelum-sebelumnya. Tetapi pihaknya akan tetap memberikan imbauan untuk terus memperketat kembali protokol kesehatan. Imbauan memperketat protokol kesehatan akan kembali digerakkan khususnya di lingkungan sekolah. Melihat lingkungan sekolah berpeluang terjadinya penularan dengan cepat.

Hingga Sabtu dari 53 kasus aktif seluruhnya menjalani isolasi mandiri. Dengan demikian sudah tidak ada pasien yang melakukan isolasi di rumah sakit rujukan Kota Batu. Sehingga saat ini tercatat kasus Covid-19 di Kota Batu secara kumulatif mencapai 5.274 pasien. Dengan kasus kesembuhan 4.928 pasien dan kasus kematian 286 orang.

Di sisi lain capaian vaksinasi dosis pertama di Kota Batu sudah mencapai 102,39 persen atau 187.856 warga. Sementara dosis kedua sudah mencapai 90,97 persen, lebih tepatnya 166.908 warga.

Sedang hingga saat ini jumlah vaksinasi dosis ketiga sudah tercapai target 30 persen yakni, 30,98 persen atau 45.330 warga. Karena itu, dengan lonjakan ini Pemkot Batu mendorong warga untuk melakukan vaksin booster di fasilitas kesehatan terdekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru