Kabag Humas Universitas Islam.Malang, Ari Ambarwati.(Foto: Arasy Pradana/malangtimes)
Kabag Humas Universitas Islam.Malang, Ari Ambarwati.(Foto: Arasy Pradana/malangtimes)

MALANGTIMES – Rencana pemecahan rekor komunitas tadarus dengan keanggotaan tersebar oleh Universitas Islam Malang (Unisma) bukanlah program yang gagasan dan pelaksanaannya muncul tetiba.

Unisma sebagai kampus Islam telah menjalankan program tadarus Al Quran yang berkelanjutan. Hal tersebut disampaikan Ari Ambarwati, Kabag Humas Unisma kepada MALANGTIMES pada Selasa (12/01/2016).

Ditemui disela memberikan perkuliahan, Ari menjabarkan bahwa selama ini Unisma telah menjalankan program Student Day, khususnya untuk mahasiswa baru. Dalam kurun 9 pekan, karakter ilmiah, keislaman dan penelusuran minat bakat calon mahasiswa madya mulai dibentuk.

Melalui program Student Day kemudian dilakukan pemetaan terhadap kemampuan membaca Al Quran masing-masing mahasiswa. Masing-masing akan dikelompokkan dalam level dasar, menengah maupun mahir sebagai potret awal pengembangan.

Program tadarus juga ditumpu oleh kebijakan masing-masing fakultas di Unisma juga rutin menyelenggarakan istighosah.

Penyelenggaraan pemahaman Quran juga ditunjang oleh lembaga LPIK yang tiap minggu rutin menyelenggarakan kajian. “Itulah cara-cara kami menanamkan nilai-nilai Islami melalui internalisasi Al Quran,” tutupnya. (*)