Malangtimes

Orientasi PPG Unikama, Rektor Tekankan Guru yang Profesional dan Mahir IT

Nov 11, 2022 18:09
Unikama melaksanakan Orientasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Kategori 1 Gelombang 2(Ist)
Unikama melaksanakan Orientasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Kategori 1 Gelombang 2(Ist)

JATIMTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) sukses menggelar Orientasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) Kategori 1 Gelombang 2 beberapa waktu lalu. PPG Daljab Kategori 1 Gelombang 2 ini diikuti oleh 180 peserta yang terbagi dalam enam bidang studi.

Hadir Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian MSi yang juga menjadi pemateri kuliah umum Pendidikan di era Revolusi Industri 4.0. Dalam sambutannya, Pieter menjelaskan, dalam catatan kementerian setidaknya ada 1,3 juta guru yang masih perlu ditingkatkan profesionalitasnya. Dikatakannya, seorang guru profesional ialah guru yang menguasai wawasan ilmu pengetahuan yang diampu, atau menguasai knowledge and understanding

2

"Namun bukan hanya itu, sekarang seorang guru juga harus mahir dalam penguasaan teknologi," tuturnya dalam kegiatan yang diselenggarakan di sebuah hotel di Kota Malang.

Lebih lanjut Rektor Unikama  menjelaskan, bahwa kemajuan teknologi saat ini berpengaruh terhadap berbagai sektor, termasuk mempengaruhi pendidikan. Salah satu contohnya adalah munculnya berbagai macam pembelajaran yang dikemas menjadi konten digital.

Meski perkembangan sangat pesat, kemajuan ini haruslah diikuti. Sehingga, tak perlu takut untuk mempelajari teknologi. Dengan penguasaan guru terhadap teknologi, tentunya akan dapat ditularkan kepada para siswa sehingga mendukung proses majunya pembelajaran.

3

"Janganlah takut untuk mencoba mempelajari teknologi," tandasnya.

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unikama Dr Triwahyudianto SPd MSi menambahkan, tenaga pendidikan merupakan ujung tombak dalam peningkatan sumber daya manusia. Untuk itu, orientasi ini merupakan bagian dari peningkatan kualitas para pendidik untuk menghadapi tantangan era. Para peserta yang terpilih harus memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Sebab, tak semua guru mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Program PPG ini. 

1

"Saya menekankan kepada peserta agar fokus, tenang, dan manage waktu secara tepat untuk dapat menjawab permasalahan di dunia pendidikan. Hasil dari pembelajaran nanti akan ada uji kompentensi yang meliputi uji kinerja dan uji pengetahuan," ungkapnya.

Koordinator PPG Unikama Dr Nurul Ain M Si menyampaikan, jika 180 perserta dalam Program PPG ini terbagi dalam enam bidang, diantaranya Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, dan Ekonomi.

"Kami harapkan peserta dapat mengikuti PPG dengan baik dan bisa menumbuhkan kreatifitas di bidang teknologi," terangnya.

Sementara itu, Pembelajaran PPG Daljab Kategori 1 Gelombang 2 akan dilaksanakan selama 59 hari efektif. Kegiatan pembelajaran akan dimulai tanggal 22 November 2022 hingga 25 Januari 2023 secara daring.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru