Salah satu sudut Universitas Islam Malang pada Selasa (13/01/2016).(Foto: arasy/malangtimes)
Salah satu sudut Universitas Islam Malang pada Selasa (13/01/2016).(Foto: arasy/malangtimes)

MALANGTIMES – Selain mengupayakan pemecahan rekor komunitas tadarus dengan keanggotaan terbesar di Indonesia pada Rabu (13/01/2016) besok, Universitas Islam Malang (Unisma) juga akan meluncurkan program Hari Alquran.

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

“Program ini bertujuan untuk membentuk karakter keislaman seluruh civitas Unisma,” jelas Ari Ambarwati, Kabag Humas Unisma kepada MALANGTIMES.

Nantinya, program ini akan dilaksanakan pada hari Rabu di minggu pertama setiap bulannya. Seluruh civitas akademika Unisma kemudian diwajibkan untuk membaca Al Quran selama 30 menit, dimulai dari pukul 10 hingga 10.30 pagi.

Membaca Al Quran secara rutin, lanjutnya, merupakan bentuk internalisasi nilai-nilai ke Islaman kepada seluruh civitas Unisma.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

Mahasiswa sendiri telah diberi materi kuliah tentang Islam selama 6 semester. “Namun pola perilakunya harus turut pula dibentuk melalui pembiasaan membaca Al Quran,” jelas wanita 44 tahun tersebut.

Selain akan dihadiri oleh seluruh jajaran dan unsur pimpinan Unisma serta pihak Museum Rekor Indonesia, launching Hari Alquran sekaligus pengkuhan rekor komunitas tadarus dengan anggota terbanyak juga akan dihadir oleh Atase Kebudayaan Kedutaan Besar Arab Saudi. (*)