Malangtimes

Fransiska Ncis, Perempuan yang Donorkan Ginjal Demi Kemanusiaan Meninggal Dunia

Nov 11, 2022 06:30
Seperti sudah siap dengan ajal menjemput, foto Fransisca Ncis yang sebelumnya sudah minta dicetak untuk pemakamannya (foto: Twitter)
Seperti sudah siap dengan ajal menjemput, foto Fransisca Ncis yang sebelumnya sudah minta dicetak untuk pemakamannya (foto: Twitter)

JATIMTIMES - Perempuan yang pernah viral karena mendonorkan ginjalnya demi kemanusiaan, Fransiska Ncis dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (10/11/2022). 

Meninggalnya Fransisca Ncis pun menuai atensi warganet di berbagai media sosial. Lantaran kerap dijuluki pahlawan kemanusiaan, Dia juga meninggal pada Hari Pahlawan Nasional.  

Menurut informasi yang dihimpun dari sahabat di media sosial, Fransisca Ncis meninggal dunia karena sakit jantung. Kamis (10/11/2022) malam jenazah dibawa ke Yogyakarta untuk dimakamkan di sana.

"Iya, bener.. infonya muntaber dan ada yg bilang serangan jantung," tulis teman Fransisca Ncis @ucigisella. 

Sebelum meninggal dunia, akun temannya itu juga membagikan momen kesiapan Fransisca Ncis menghadapi kematian. Ia bahkan sudah minta keluarga mencetak foto untuk pemakamannya nanti. 

"Kalau pagi ini masih ada keluhan akan teriknya matahari, belum tentu masih dapat dilihat esok. Kalau hari ini masih ada kesempatan mencium orang terkasih, belum tentu esok masih ada kesempatan lagi. Sudah kuputuskan, aku tak mau malu bila berhadapan dengan Allah-ku nanti. Walau kadang aku manusia ceroboh dan bodoh, di pemakamanku nanti aku tidak mau diingat hanya karena kebodohan dan kesalahan yang pernah kubuat," tulis unggahan Fransisca.

Di pemakamannya nanti, Fransisca ingin diingat karena senyum, tawa, dan kasihnya pada orang lain. 

"Hari ini sudah jadi foto yang aku mintakan ke keluarga untuk dicetak perbesar dan nanti dipigura kaca. Juga akan dipakai sebagai foto di depan peti matiku kelak, jika mati muda. Yes, I struggle with my mental health," kata Fransisca sambil menautkan fotonya yang akan dipakai di pemakaman. 

Selain pernah mendonorkan ginjalnya, Fransisca juga pernah mengunggah ke media sosial bahwa dirinya memiliki kartu pendonor kornea mata. 

"Bagi keluarga, teman dan semua orang yang (mungkin) mengenal saya, tolong bantu menjadi 'pengingat' jika ajal saya sudah tiba dengan menghubungi Lions Eye Bank Jakarta. Saya telah resmi mendaftarkan untuk mendonorkan kornea mata, setelah saya dinyatakan meninggal nanti," begitu unggahan Fransisca pada Januari 2022 lalu. 

Menanggapi hal itu, keluarga mengatakan bahwa donor mata tidak jadi dilakukan atas permintaan keluarga. 

Menurut temannya akun @JamesSmithUK, jenazah mendiang Fransiska Ncis akan dimakamkan di Yogyakarta pada Jum'at 11 November 2022 usai disemayamkan di Rumah Duka Rumah Sakit Panti Rapih, Kecamatan Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta. "Beliau wafat pada usia 31 tahun," tulisnya. 

Kabar meninggalnya Fransisca Ncis pun ramai-ramai mendapatkan ucapan dan doa belasungkawa dari warganet. 

"RIP.. Fransiska Ncis.. Selamat jalan orang baik.. pintu surga sudah dibukakan untukmu..," @ki1_e***. 

"Selamat jalan Fransiska Ncis

Tenanglah disisi Bapa Di Surga

(RIP)," @wandys***. 

"Tim Line Media Sosial Facebook penuh dengan ucapan duka cita utk mu "Fransiska Ncis" Tepat di hari Pahlawan sang Pahlawan Kemanusiaan telah berpulang," @PutraBahug***. 

Diketahui sebelumnya, Fransisca Ncis ramai diperbincangkan di media sosial setelah dirinya pada November 2021 lalu memutuskan untuk mendonorkan satu ginjalnya atas dasar kemanusiaan. 

Ia bahkan mengungkapkan kebahagiaannya ketika Mas Budi, orang yang menerima donor ginjal dari Fransisca bisa bekerja dan bersama keluarganya kembali setelah berjuang dua tahun dengan penyakit gagal ginjal. 

Karena kebaikan hatinya itu, Fransisca Ncis ramai di media sosial dijuluki pahlawan kemanusiaan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru