Malangtimes

Kembali Muncul, Hacker Bjorka Bocorkan 44 Juta Data MyPertamina

Nov 10, 2022 18:30
Bjorka. (Foto: Twitter @bjorkanism)
Bjorka. (Foto: Twitter @bjorkanism)

JATIMTIMES - Hacker Bjorka yang sempat mengegerkan Indonesia kini kembali muncul. Kemunculannya kali ini kembali membuat ulah dengan membocorkan data diduga milik MyPertamina.

Hal tersebut terlihat dalam unggahannya di situs BreachForum, Bjorka menulis thread atau utas berjudul 'MY PERTAMINA INDONESIA 44 MILLION'. Thread ini diunggahnya Kamis 10 November 2022 pukul 02:31 pagi.

Data yang dibocorkan itu diperkirakan sejumlah 44 juta milik MyPertamina. Data tersebut dijual sebesar US$ 25 ribu atau Rp 392 juta (kurs Rp 15.700).

“Harga US$ 25 ribu. Pembayaran hanya menggunakan BTC (bitcoin),” tulis Bjorka dalam unggahannya.

File yang dibocorkan Bjorka terdiri dari file terkompresi 6 GB serta file belum terkompresi 30 GB dengan total 44.237.264 data. Pembocoran ini dilakukan pada November 2022.

Dalam data tersebut, terdapat nama lengkap pengguna MyPertamina, nomor ponsel, jenis kelamin, nomor induk kependudukan (NIK), dan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Bahkan data itu juga dilengkapi dengan alamat tempat tinggal, alamat email, serta gaji atau penghasilan, baik itu harian, bulanan, dan tahunan.

Bjorka juga menulis keterangan tentang aplikasi MyPertamina. Diketahui MyPertamina terintegrasi dengan LinkAja, dan digunakan membayar BBM non-tunai di SPBU.

MyPertamina adalah platform layanan keuangan digital dari Pertamina yang terintegrasi dengan aplikasi LinkAja. Aplikasi ini digunakan untuk pembayaran BBM non-tunai di SPBU Pertamina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru