Malangtimes

Merah Putih 3.219 Meter di Jembatan Suramadu Pecahkan Rekor Dunia

Nov 10, 2022 16:31
Momen pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 3.219 meter di Jembatan Suramadu. (Foto dari Instagram @wecarebangkalan)
Momen pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 3.219 meter di Jembatan Suramadu. (Foto dari Instagram @wecarebangkalan)

JATIMTIMES - Masyarakat Surabaya dan Madura memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada  Kamis (10/11/2022) hari ini dengan cara berbeda. Mereka membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 3.219 meter di sepanjang Jembatan Suramadu.

Ribuan aparatur sipil negara (ASN) dan pelajar turut serta membentangkan bendera raksasa itu.

Selain memperingati Hari Pahlawan, tujuan pembentangan bendera sepanjang jembatan penghubung Surabaya-Madura itu memecahkan rekor Muri (Museum Rekor Indonesia).

Meski ada kegiatan pembentangan bendera, arus lalu lintas di Jembatan Suramadu terpantau padat namun lancar.

Kepadatan lalu lintas disebabkan  hanya satu ruas jalan yang dioperasikan saat pelaksanaan pembentangan bendera Merah Putih. Yakni arah Madura menuju Surabaya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan pembentangan bendera Merah Putih raksasa itu untuk mengapresiasi kreativitas siswa-siswi Ma’arif se-Kabupaten Mojokerto.

Khofifah juga berterima kasih kepada semua pihak yang membantu pembentangan bendera itu. Dia juga berharap bendera Merah Putih tetap berkibar di mana pun dan kapan pun.

"Kami bentangkan di Jembatan Suramadu dari jam 6 pagi yang kemudian diverifikasi tim Muri. Ini jadi catatan bentangan bendera terpanjang di dunia. Kami berharap Merah Putih yang dikibarkan sebanyak mungkin, sepanjang mungkin, di mana saja,” ungkapnya, usai menerima penghargaan dari Muri 

Sementara Triyono, senior manager Muri, menegaskan pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 3,2 kilometer di Jembatan Suramadu telah sesuai dengan yang diajukan.

“Kami pastikan Indonesia pemecah rekornya. Lalu kami dari Muri juga mendukung agenda Pemprov Jatim mengajukan jamu beras kencur ke UNESCO, untuk diakui sebagai warisan dunia,” ucapnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru