Malangtimes

Meriahkan Edufair MGBK Kota Malang, PMB Unikama Edukasi Pentingnya Kuliah

Nov 08, 2022 17:17
Divisi PMB Unikama Edukasi Camaba di Edufair (Ist)
Divisi PMB Unikama Edukasi Camaba di Edufair (Ist)

JATIMTIMES - Edufair diselenggarakan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Kota Malang, di Graha Polinema beberapa waktu lalu. Divisi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) turut berpartisipasi memberikan edukasi pada kegiatan tersebut.

Divisi PMB Unikama, memberikan edukasi pentingnya melanjutkan studi kepada siswa SMA yang hadir dalam Edufair. Sebab, kerap kali para siswa kebingungan setelah menyelesaikan bangku pendidikan menengah atas atau kejuruan apakah melanjutkan ke pendidikan tinggi atau bekerja dan berbisnis.

Akhmad Jufriadi SSi MSi, Kepala Divisi PMB Unikama menyampaikan, kebingungan memang kerap kali terjadi. Bisa jadi, menurut Akhmad karena mereka berpikir akan mendapatkan apa selama kuliah.

1

"Kelebihan kita kuliah yang pertama tentu adalah menambah skill dan pengetahuan yang lebih luas. Sebagai contoh di Unikama ini bagi para Camaba yang gemar dengan teknologi bisa memilih Program Studi Sistem Informasi atau Teknik Informatika. Bagi yang sudah fokus pada ilmu sosial dan hukum juga ada Program Studi Geografi, Bimbingan Konseling, PPKn, Ilmu Hukum, dan Ekonomi," jelasnya.

Hal penting kedua adalah menambah teman baru dari berbagai wilayah hingga provinsi. Di Unikama adalah kampus dengan istiliah The Multiculture University. Dengan begitu tentu para mahasiswa akan memiliki pengalaman bertemu dengan teman hingga mengenal budaya baru dari rang yang baru dikenalnya.

Ketiga, pentingnya melanjutkan kuliah adalah satu langkah untuk mengembangkan kemampuan diri agar dapat mengikuti kebutuhan sumber daya berkualitas di masa depan. 

“Pengembangan sumber daya berkualitas ini juga ditambah dengan ikut berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Bagi yang suka fotografi dan jurnalistik bisa mengikuti UKM Himpunan Mahasiswa Jurnalistik dan Fotografi. Kalau ada yang suka e-sport disini juga ada UKMnya," tuturnya.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, tak lama lagi juga memasuki tahun ajaran baru.  Sehingga, para calon mahasiswa hendaknya aktif untuk mencari berbagai informasi mengenai program studi beserta informasi pendukung lainnya semisal biaya kuliah. 

Sehingga, dengan informasi yang dipahami, para mahasiswa akan lebih mudah menentukan disiplin ilmu yang tepat atau yang memang akan diambil. 

"Pilih program studi yang sesuai dengan minat atau cita-cita. Sesuaikan dengan kemampuan akademis agar tidak lantas memaksakan diri, di sini pentingnya berkonsultasi dengan guru di sekolah. Serta jangan lupa mohon doa restu orang tua," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru