Malangtimes

Heboh, Rendang Diklaim dari Malaysia, Netizen: Ngelawak Tetangga

Nov 08, 2022 09:43
Ilustrasi makanan rendang kuliner khas Sumatera Barat (foto: google)
Ilustrasi makanan rendang kuliner khas Sumatera Barat (foto: google)

JATIMTIMES - Beredar video di TikTok yang menanyakan kepada beberapa warga Malaysia soal asal makanan rendang. Ternyata banyak warga sana yang mengklaim kuliner kebanggaan Sumatera Barat itu sebagai makanan dari Malaysia. 

Video yang diunggah oleh akun @iben_ma itu menanyakan beberapa warga Malaysia soal asal rendang. 

"Awak tau rendang? Asalnya dari mana?," tanya akun tersebut kepada warga Malaysia. 

"Rendang dari Malaysia, bukan Indonesia," jawab warga Malaysia. 

Bukan hanya satu orang, ada 4 warga Malaysia yang ditanya asal Rendang. Dan semua menjawab rendang dari Malaysia. 

Hal itu sontak menuai perhatian dari warganet. Hingga berita ini ditayangkan lebih dari 300 ribu like dan 17 ribu komentar. 

"Anjay," @mii**.

"Padang udah pindah negara," @Au**.

"Ngelawak tetangga," @son_**. 

"Udag ga heran," @za*.

Diketahui, perdebatan soal asal rendang memang kerap terjadi. Utamanya warga Malaysia dan Indonesia yang kerap melakukan perdebatan ini. 

Dilansir dari situs milik Kemkominfo yakni Indonesiabaik.id, Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah dan segala jenis makanan. Bahkan, ada beberapa kuliner Indonesia yang menjadi warisan budaya dunia masuk dalam daftar Unesco. 

Dalam unggahan pada 27 Juli 2021, Kemkominfo menyebut ada 4 makanan yang masuk menjadi warisan budaya Indonesia yang dikenal dunia. Yakni, rendang, nasi goreng, lumpia dan tempe. 

Rendang sendiri dikenal sebagai kuliner kebanggaan Sumatera Barat atau dikenal rendang Minangkabau. Makanan ini dianggap hidangan penting yang harus ada saat kenduri, upacara adat hingga perayaan tertentu. 

Rendang memiliki ciri khas tekstur daging yang kering berwarna cokelat gelap dan beraroma kuat. Cara memasaknya pun membutuhkan proses yang agak lama. Karena daging dimasak bersama rempah dan santan. 

Menurut artikel Yoshino, yang diterbitkan oleh Sophia University Institute of Conparative Culture (2010) menyebutkan rendang dibawa masuk ke Malaysia oleh para imigran dari Indonesia pada tahun 1900-an. 

Meski begitu, rendang Malaysia memiliki tampilan yang berbeda dengan rendang Minangkabau. Rendang di Malaysia dan Singapura mirip dengan rendang Sumatera Barat versi setengah basah. Atau di Indonesia disebut masih gulai, belum menjadi rendang, yang kering sepenuhnya. Sehingga bisa disimpulkan sajian rendang Minangkabau berbeda dengan rendang Malaysia, meskipun tradisi kulinernya sama. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru