Malangtimes

Update Bencana Pohon Tumbang, 1 Rumah Rusak Berat, 5 Warga Mengungsi

Nov 07, 2022 20:17
Lokasi pohon tumbang di Desa Panggungrejo.(Foto: BPBD for JatimTIMES).
Lokasi pohon tumbang di Desa Panggungrejo.(Foto: BPBD for JatimTIMES).

JATIMTIMES - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang terus meinginventarisir kerusakan yang terjadi akibat bencana pohon tumbang pada Senin (7/11/2022) sore. Peristiwa pohon tumbang tersebut terjadi setelah hujan sedang yang turun disertai angin kencang di wilayah Kabupaten Malang sejak pukul 12.00 WIB. 

Berdasarkan data terbaru dari BPBD Kabupaten Malang, total ada sebanyak 14 pohon yang tumbang. Keempat belas pohon tumbang tersebut tersebar di 2 desa dan 1 kelurahan di kecamatan Kepanjen. 

Rinciannya, 14 pohon di Kecamatan Kepanjen, yakni 9 di Desa Panggungrejo dan 4 pohon di Desa Mangunrejo dan 1 pohon di Kelurahan Cepokomulyo. Di Panggungrejo, pohon tumbang menimpa 4 rumah. Dengan kategori rusak ringan. 

Sementara di Desa Mangunrejo, pohon yang tumbang totalnya menimpa 1 rumah dengan penghuni sebanyak 5 orang. Akibatnya, rumah korban mengalami kerusakan dengan kategori berat. Selain itu juga menimpa 2 tempat UMKM hingga rusak berat. 

Sementara di Kelurahan Cepokomulyo, pohon tumbang menimpa salah satu bangunan sekolah. Akibatnya bangunan toilet mengalami kerusakan ringan. "Yang rusak berat, warganya harus mengungsi. Sementara ini mengungsi di rumah saudaranya," ujar Kepala BPBD Kabupaten Malang Nur Fuad Fauzi, Senin (7/11/2022). 

Di beberapa titik, posisi pohon tumbang sempat ada yang mengganggu arus lalu lintas. Sebab, arah tumbangnya pohon, ada yang sedikit masuk ke bagian badan jalan. Namun setelah dilakukan pembersihan dan penanganan selama beberapa jam, arus lalu lintas sudah kembali normal. 

Selain itu, di Desa Putat Kidul Kecamatan Gondanglegi, sebuah pohon cukup besar juga dikabarkan tumbang. Di desa ini, pohon yang tumbang menimpa sebuah tempat UMKM. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru