Malangtimes

PSSI Bingung Tentukan Stadion sebagai Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Nov 06, 2022 20:57
Jakarta International Stadium (foto: istimewa)
Jakarta International Stadium (foto: istimewa)

JATIMTIMES - PSSI bingung mencari stadion yang akan digunakan sebagai venue Piala AFF 2022. Padahal turnamen bergengsi antar negara ASEAN itu akan digelar pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023.

Biasanya, Timnas Indonesia menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta sebagai kandang. Namun saat ini stadion berkapasitas 77.193 kursi itu tak bisa digunakan.

Karena stadion yang menjadi kebanggaan Indonesia dalam beberapa dekade itu akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-20 2023, dan mulai steril mulai November ini.

“Aturannya demikian karena mau dipersiapkan untuk Piala Dunia (U-20 2023),” ucap Sekjen PSSI Yunus Nusi.

“6 stadion buat Piala Dunia (U-20 2023) jelas tidak diperuntukan untuk kegiatan lain termasuk timnas. GBK juga,” sambungnya.

Enam stadion yang dimaksud itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) (Jakarta), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Gelora Bandung Lautan Api (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Saat ini, penentuan kandang bagi Timnas Indonesia masih dalam tahap pemilihan yang dilakukan oleh PSSI. Dalam hal ini, induk sepak bola nasional itu memiliki sejumlah poin yang dapat dipertimbangkan, termasuk lokasi stadion yang akan digunakan.

Stadion yang diprediksi dapat digunakan menjadi kandang Timnas Merah Putih antara lain adalah Jakarta International Stadium (JIS) dan Stadion Batakan (Kalimantan). “Sementara lagi diproses kawan-kawan (PSSI), Timnas mau dimana penggantinya,” kata Yunus Nusi.

Yunus Nusi pun tak menampik bahwa JIS dapat digunakan. Mengingat, stadion tersebut berkapasitas besar dan seperti stadion Eropa dimana penonton sangat dekat dengan lapangan.

“Semua jadi opsi, mana yang akan digunakan akan kami umumkan,” ucap Yunus Nusi.

Sementara untuk Stadion Batakan, Sekjen PSSI itu mengatakan pihaknya masih akan berkonsultasi dengan AFF dan peserta yang akan bertandang ke Indonesia. “Tentu kami juga akan konsultasi ke AFF dan peserta yang datang, mau enggak dia dari sini (Jakarta) kemudian dua jam penerbangan,” tutur Yunus Nusi.

“Banyak opsi, yang jelas kami akan menyampaikan apabila sudah pasti stadion mana yang akan digubakan. Kami rencanakan tanggal 15 (November) sudah kami pastikan stadion mana,” ucapnya.

Di luar dua stadion tersebut, setidaknya ada tiga stadion lain yang lokasinya dekat dari Jakarta dan sering dipakai oleh Timnas Indonesia dari berbagai kelompok usia, yakni Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang) dan Stadion Maguwoharjo (Solo).

Sekadar informasi, pada Piala AFF 2022, Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam/Timor Leste.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru