Malangtimes

Plengsengan Ambrol Lagi di Kota Batu, Rumah dan Kandang Hewan Terancam Longsor

Nov 05, 2022 19:54
Salah satu longsor di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Sabtu (5/11/2022).
Salah satu longsor di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Sabtu (5/11/2022).

JATIMTIMES - Plengsengan teknis kembali ambrol di kawasan Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Sabtu (5/11/2022). Akibatnya sebagian rumah dan kandang hewan terancam longsor. Rinciannya plengsengan teknis ambrol di Dusun Gempol, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu mengatakan, hujan yang mengguyur sejak 21 Oktober 2022 mengakibatkan plengsengan teknis ambrol.

“Menyebabkan satu kandang ternak atas nama milik Joko rawan atau terancam longsor,” ucap Agung. 

Plengsengan teknis ambrol dengan dimensi panjang 5 meter lebar 30 centimeter dan tinggi 3 meter. “Agar tidak membahayakan sehingga perlu pembangunan ulang plengsengan teknis,” tambah Agung.

Plengsengan ambrol juga masih terjadi di dusun yang sama yakni Dusun Gempol, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji. Bermula hujan yang mengguyur sejak 4 November 2022 menyebabkan plengsengan teknis longsor. Menyebabkan drainase dari jalan menuju sungai krecek tertutup material longsor. Kerusakan terjadi pada 1 rumah milik Paimin bagian dapur dan kamar mandi terancam longsor atau menggantung.

Lalu plengsengan teknis setebal 30 centimeter ambrol menutup saluran drainase dan jalan menuju sungai krecek tertutup. Dengan dimensi panjang 10 meter, lebar 5 meter dan tinggi 3 meter.

“Penanganan pemberian bantuan terpal, dan pembangunan plengsengan teknis penahan tebing yang ambrol,” tutup Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru