Malangtimes

TPU di Glenmore Banyuwangi Kena Banjir Bandang, Tulang hingga Kain Kafan Berserakan 

Nov 05, 2022 09:15
Nampak tulang-tulang berserakan akibat tergerus banjir bandang di TPU Embah Besar, Krikilan, Glenmor, Banyuwangi. (foto TikTo @jasuli55)
Nampak tulang-tulang berserakan akibat tergerus banjir bandang di TPU Embah Besar, Krikilan, Glenmor, Banyuwangi. (foto TikTo @jasuli55)

JATIMTIMES - Beredar video di TikTok yang memperlihatkan kondisi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Embah Besar usai diterjang banjir bandang.

Dalam video yang diunggah @jasuli55 itu, nampak kondisi struktur tanah makam berantakan akibat banjar bandang yang terjadi sejak Jumat (4/11/2022). 

Ada kijing makam yang terseret arus hingga hancur. Bahkan beberapa nampak kain kafan hingga tulang-tulang yang berada di dalam makam itu berserakan keluar. 

"Kuburan tikungan Glenfalloch rusak parah diterjang banjir tadi malam banyak tulang berserakan," tulisan keterangan video yang diunggah akun tersebut. 

Video yang diunggah pada Jumat (4/11/2022) sekitar pukul 6.30 pagi itu pun menuai atensi warganet. Hingga berita ini ditayangkan ada ratusan like dan komentar. 

"Inalilahi," @yati33***. 

"subhanallah kuasa allah yg agung kita ga tau hanya berpikir kenapa inget allah swt amin," @NeenaNo**. 

"Astaghfirullah," @Edi Purwanto3***

"ya allah lindungi kmi semua," @widay***. 

Diketahui, puluhan makam di TPU Embah Besae, Krikilan, Glenmor, Banyuwangi porak poranda usai diterjang luapan air sungai. Dilansir detik, area makam yang tergerus air luapan sekitar 10x30 meter. Tanah yang terdampak banjir longsor hingga kedalaman 1,5 meter. 

Pada Jumat (4/11/2022) warga nampak sedih saat mengunjungi makam keluarganya yang terdampak banjir bandang. Warga banyak yang sedih karena banyak jenazah yang tidak bisa ditemukan dan tulang-tulang yang tak bisa dikenali akibat tergerus banjir.

BPBD Banyuwangi melaporkan ada 5 desa yang terdampak banjir, di Kecamatan Kalibaru, Kamis (3/11/2022) malam. Diantara beberapa desa yang terdampak adalah Desa Banyuanyar, Desa Kalibaru Manis, Desa Kalibaru Wetan, Desa Kalibaru Kulon dan Desa Kajarharjo.

Tak hanya makam yang tergerus banjir, puluhan rumah rusak parah dan tiga jembatan penghubung putus. Akibatnya barang berharga milik warga, seperti kendaraan hingga hewan ternak ikut hanyut terbawa arus banjir. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru