Malangtimes

Longsor, Jalan Lumajang-Malang Lewat Piket Nol Ditutup Total

Nov 04, 2022 17:31
Jalan nasional Lumajang - Malang ambles akibat longsor. (Foto dari internet)
Jalan nasional Lumajang - Malang ambles akibat longsor. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Hujan deras disertai angin kencang terjadi di sekitar kawasan jalan Lumajang-Malang Piket Nol. Akibat dari curah hujan yang besar, tanah disekitar kawasan jalan tersebut mengalami longsor. Akibatnya, jalan menuju jembatan gantung Gadak Perak di Lumajang ambles dan ditutup total.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Lumajang Joko Sambang. Menurutnya, jalan nasional tersebut ambles pada Kamis (3/11/2022) malam.

"Hujan deras disertai angin kencang terjadi di sekitar kawasan Piket Nol dan telah dilaporkan jalan nasional tersebut ambles pada Kamis (3/11) malam sekitar pukul 21.30 WIB saat hujan mulai reda," ujarnya, Jumat (4/11/2022).

Menurut Joko, akses jalan roda dua dan empat tidak bisa dilalui serta alat berat petugas mengalami kerusakan. Pada awalnya, relawan penanggulangan bencana sektor Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro memberikan informasi visual awal kondisi jalan yang ambles tidak bisa dilalui kendaraan.

"Akses kendaraan roda 2 dan roda 4, serta alat berat petugas yang beroperasi menangani jembatan Gladak Perak dinyatakan putus total melalui Kamar Kajang di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro," tuturnya.

Kemudian, Joko mengimbau masyarakat yang akan melalui jalur tersebut sementara diminta untuk memutar melalui jalur Curahkobokan. Amblesnya jalan di jalur Piket Nol tersebut mengakibatkan akses jalan Lumajang - Malang melalui Piket Nol terputus. 

"Sehingga kami mengimbau kepada masyarakat yang akan melalui jalur tersebut sementara diminta untuk memutar melalui jalur Curahkobokan," sambung Joko.

Sementara, menurut Sekretaris Kecamatan Candipuro Abdul Aziz akses jalan sepanjang 50 meter dan lebar meter tersebut kini harus ditutup total. Sementara aktivitas lalu lintas menuju ke lokasi longsor belum bisa dilewati hingga ada pemberitahuan lebih lanjut. 

"Sementara ditutup total karena jalannya yang ambles cukup panjang," ujarnya.

Beruntungnya, dalam ambruknya jalan tersebut tidak ada korban jiwa, namun kerugian yang disebabkan amblesnya jalan nasional cukup besar. Sementara, menurut data dari BPBD Lumajang, beberapa titik di sepanjang jalur Piket Nol di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro tersebut rawan terjadi longsor. Untuk itu, pemerintah setempat mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati saat melewati kawasan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru