Malangtimes

600 Rumah Terdampak Bencana Diajukan Dapat Bantuan Bedah Rumah

Nov 03, 2022 20:37
Salah satu rumah di Desa Pujiharjo yang terdampak banjir bandang pada Senin (17/10/2022) lalu.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Salah satu rumah di Desa Pujiharjo yang terdampak banjir bandang pada Senin (17/10/2022) lalu.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Sekitar 600 rumah di Kabupaten Malang dijadwalkan untuk mendapat bantuan bedah rumah. Hal tersebut merupakan tindak lanjut atas penanganan dampak bencana banjir dan longsor yang terjadi pada Senin (17/10/2022) lalu. 

Bupati Malang HM. Sanusi mengatakan, dalam rencana bantuan bedah rumah tersebut, pihaknya akan melibatkan tiga  pihak. Yakni Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK), dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). 

"Yang (Dinas) Cipta Karya dan Baznas ya termasuk dalam program bantuan dari Dinsos itu, dari Pemkab Malang," ujar Sanusi, Kamis (3/11/2022).

Sanusi belum dapat memastikan berapa keseluruhan anggaran yang akan digelontorkan. Sebab, hingga saat ini, Pemkab Malang melalui perangkatnya masih terus melakukan asesmen untuk lebih memastikan jumlah yang terdampak.

"Jadi masih belum (diputuskan). Tergantung nanti dari hasil asesmen dan pendataannya," imbuh Sanusi. 

Sanusi mengatakan, tidak tertutup kemungkinan pelaksanaan bedah rumah tersebut juga akan melibatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dan pemerintah pusat. Namun, pemkab juga bersiap jika ada beberapa hal yang tidak ter-cover oleh Pemprov Jatim atau pemerintah pusat. 

"Jadi kalau yang tidak ter-cover pemerintah pusat, nanti dari Pemkab Malang yang akan membantu," ucap Sanusi. 

Dirinya menyebut, dalam program bedah rumah yang dikomandoi oleh Dinsos Kabupaten Malang tersebut, diperkirakan setiap rumah akan mendapat bantuan perbaikan hingga senilai Rp 20 juta. 

"Memang agak banyak yang kita ajukan. Ada 600 rumah, program dari Dinas Sosial. Masing-masing rumah akan mendapatkan Rp 20 juta an," jelas Sanusi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru