Malangtimes

Korban Longsor Poncokusumo Ditemukan Tak Bernyawa

Nov 03, 2022 17:45
Proses pencarian sebelum korban ditemukan.(Foto: Istimewa).
Proses pencarian sebelum korban ditemukan.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Korban bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang akhirnya ditemukan, Kamis (3/10/2022) siang. Namun sayangnya, korban ditemukan dalam kondisi telah meninggal dunia.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Nur Fuad Fauzi mengatakan, korban yang diketahui Ahmad Amin tersebut ditemukan dalam posisi masih terjepit material longsor. Jasad korban mulai terlihat sekitar pukul 09.00 WIB. 

"Kelihatannya tadi pukul 09.00 WIB, tapi masih proses evakuasi. Kan materialnya bukan cuma batu, ada lumpur, kayu dan (potongan) pohon itu," jelas Fuad, Kamis (3/11/2022) siang. 

Sementara itu, akibat longsor yang terjadi pada Selasa (1/11/2022) tersebut, akses pertanian warga setempat menjadi terputus. Sebab, material longsoran tepat jatuh di jalan setapak menuju lahan pertanian. 

Di sisi lain, korban meninggal dunia, Ahmad Amin, saat itu tertimpa material longsor saat hendak mencari rumput ketika melintas jalan tersebut. Yakni sekitar pukul 16.30 WIB. "Jadi jalan setapak itu sudah putus. Potongan itu pas di jalan setapak. Itu akses ke sawah, alat berat aja tidak bisa masuk," jelas Fuad. 

Hingga Kamis (3/11/2022), jalan tersebut masih belum dapat dilalui secara normal. Sebab, petugas dari BPBD Kabupaten Malang, relawan bersama masyarakat masih harus melakukan pembersihan secara manual. 

"Sementara belum (diakses secara normal). Alat berat kan tidak bisa masuk. Jadi pakai disemprot, dibersihkan secara manual," jelas Fuad. 

Sebagai informasi, dalam proses pencarian korban, ada beberapa pihak yang dilibatkan. Proses pencarian korban pada Kamis (3/11/2022) dimulai pukul 06.30 WIB hingga sekitar pukul 08.55 WIB korban ditemukan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru