Malangtimes

Peserta JKN Tidak Perlu Khawatir Saat Menunggak Iuran, Program Rehab Solusinya

Nov 03, 2022 11:38
Sosialisasi Program Rehab dari BPJS Kesehatan. (Foto: Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang for JatimTIMES)
Sosialisasi Program Rehab dari BPJS Kesehatan. (Foto: Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Masih banyak peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) khususnya segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang kerap kali memiliki tunggakan iuran kepesertaan.

Padahal, agar tetap dapat digunakan dan dirasakan manfaatnya, status kepesertaan Program JKB harus tetap aktif dengan cara melakukan pembayaran iuran kepesertaan tepat waktu, maksimal tanggal 10 di setiap bulannya. 

Rendahnya Ability to Pay (ATP) peserta Program JKN segmen PBPU serta tingginya jumlah peserta yang menunggak membayar iuran, mendorong Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menghadirkan inovasi program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB). 

Di mana inovasi dari BPJS Kesehatan tersebut berutujuan untuk memberikan kemudahan dan keringanan bagi peserta Program JKN segmen PBPU serta Bukan Pekerja (BP) dalam melunasi tunggakan iurannya dengan cara melakukan pembayaran iuran secara bertahap atau mencicil. 

Kepala Bidang Sumber Daya Manusia, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Malang Wenan Setyo Nugroho mengatakan, peserta Program JKN yang memiliki tunggakan iuran lebih dari tiga bulan yakni empat sampai 24 bulan dapat mengikuti Program Rehab. 

"Pendaftarannya juga sangat mudah bisa melalui aplikasi Mobile JKN atau BPJS Kesehatan Care Center 165," ujar Wenan dalam keterangan yang diterima JatimTIMES.com. 

Pihaknya menambahkan, pendaftaran Program Rehab dapat dilakukan sampai dengan tanggal 28 bulan berjalan kecuali bulan Februari pendaftaran sampai dengan tanggal 27. Peserta Program JKN juga dapat memilih periode tahapan pembayaran selama satu siklus program yaitu minimal dua bulan dan maksimal setengah dari total bulan menunggak.

"Peserta JKN yang melakukan pendaftaran Program REHAB dapat memilih skema pembayaran bertahap sesuai kemampuan dan sesuai dengan pilihan jangka waktu pembayaran bertahap. Kepesertaan akan kembali aktif setelah seluruh tunggakan dan iuran bulan berjalan telah lunas dibayarkan," jelas Wenan.

Sementara itu, salah satu peserta Program JKN yang merupakan warga Kota Malang yakni Marisa Bella (27) yang terdaftar dalam Program Rehab memberikan tanggapan positif atas inovasi yang diluncurkan BPJS Kesehatan tersebut. Ia menyampaikan, adanya Program Rehab ini sangat membantunya dalam melunasi tunggakan iuran.

"Program Rehab ini sangat membantu saya dalam melunasi tunggakan. Jadi awalnya saya tahu Program Rehab ini dari aplikasi Mobile JKN, saya lihat dan saya pelajari, lalu saya langsung melakukan pendaftaran Program Rehab ini karena saya pribadi tidak ingin berlarut-larut mempunyai tunggakan, saya akui benar-benar sangat membantu," tandas Marisa. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru