Malangtimes

KTT G20, Bandara Banyuwangi Bakal Buka 24 Jam 

Nov 03, 2022 08:34
Tampak depan bandara Banyuwangi (foto: Google)
Tampak depan bandara Banyuwangi (foto: Google)

JATIMTIMES - Bandara Banyuwangi bakal beroperasi secara penuh 24 jam non stop dalam pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, pada 15-16 November mendatang. 

"Mulai 12 hingga 18 November nanti Bandara Banyuwangi secara operasional akan buka 24 jam non stop. Sebab sebagai daerah terdekat dengan Bali, peran Bandara Banyuwangi sangat krusial jadi penyangga KTT," kata Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Pangkalan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, Letkol Pnb Wisnu Aji Prabowo, dilansir detikcom. 

Wisnu juga menambahkan jika nantinya bandara di Bali overkapasitas, Bandara Banyuwangi akan dijadikan tempat transit pesawat delegasi KTT G20. 

"Bandara Banyuwangi telah memenuhi kapasitas sebagai bandara penunjang Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar Bali selama pelaksanaan KTT G20," ucapnya. 

Pihak Bandara Banyuwangi juga menyiapkan beberapa fasilitas bandara dan penunjangnya. Seperti ruang tunggu VIP dan lainnya. 

"Kapasitas 9 parking stand telah kira siapkan untuk 5 pesawat negara KTT G20. Sisanya diperuntukkan pesawat militer dan pesawat reguler," tambahnya. 

Wisnu menyebut, meski Bandara Banyuwangi menjadi tempat transit KTT G20 namun tidak akan mengganggu jadwal penerbangan reguler. Operasional bandara Banyuwangi tetap berjalan sebagaimana biasanya. 

Diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa ada 17 pemimpin negara yang telah mengkonfirmasi kehadirannya pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke 17 G-20 di Bali, 15-16 November 2022 nanti. 

Melalui laman Instagramnya, Jokowi menyebutkan kedatangan pimpinan negara tersebut menjadi sebuah kehormatan bagi Indonesia. Mengingat kondisi dunia sedang sulit seperti ini. 

Jokowi juga mencontohkan beberapa pimpinan negara yang bakal hadir, mulai dari Presiden AS Joe Biden, Presiden Rusia Valdimir Putin hingga Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru