Malangtimes

7 Tragedi Mengerikan yang Menewaskan Puluhan Hingga Ratusan Korban dalam Oktober Kelam 

Nov 03, 2022 06:54
Doa bersama untuk Tragedi Kanjuruhan (sumber Instagram)
Doa bersama untuk Tragedi Kanjuruhan (sumber Instagram)

JATIMTIMES - Tujuh tragedi yang merenggut nyawa puluhan hingga ratusan korban terjadi sepanjang Oktober 2022. Banyak warganet yang menyebut bulan Oktober menjadi bulan kelam. Berikut ini tujuh tragedi yang mengerikan selama Oktober 2022. 

1. Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022. 

Dunia sepak bola Indonesia berduka di awal bulan Oktober. Sebanyak 135 orang meregang nyawa usai laga Arema FC dan Persebaya. Suporter panik dan berdesakan karena tembakan gas air mata yang ditembakkan ke arah tribun. 

Proses hukum telah berlangsung. Sebanyak enam orang telah ditetapkan sebagai tersangka, dan bisa bertambah seiring proses penyidikan berlangsung. Atas desakan berbagai pihak dan demi persepakbolaan Indonesia yang lebih baik, akhirnya Exco PSSI juga memutuskan untuk segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). 

2. Penembakan Masal di Penitipan Anak di Thailand pada 6 Oktober 2022 

Aksi penembakan massal terjadi di penitipan anak Uthai Sawan, Provinsi Nong Bua Lam Phu, Thailand. Sebanyak 34 orang meninggal dunia, 28 di antaranya adalah anak-anak. Pelakunya adalah seorang mantan polisi yang diberhentikan karena kasus penyalahgunaan narkoba dan akan menjalani proses hukum karena kasus tersebut. 

Tak lama setelah tragedi tersebut terjadi, Perdana Menteri Prayuth Chan-Ocha pun mendatangi tempat kejadian perkara. la juga memerintahkan semua departemen pemerintah untuk mengibarkan bendera setengah tiang. 

3. Bom Udara di Konser di Myanmar 23 Oktober 2022. 

Empat bom udara jatuh di sebuah konser di Myanmar. Sekitar 50 hingga 100 orang tewas, termasuk penyanyi dan musisi pengisi acara. Konser ini digelar oleh kelompok etnis minoritas yang berkonflik dengan junta militer penguasa Myanmar saat ini. 

Militer Myanmar menyangkal tuduhan serangan tersebut. Mereka menyebut bahwa jumlah korban tewas adalah rumor. 

4. Badai Nalgae di Filipina 27 Oktober 2022. 

Filipina diterpa Badai Nalgae yang menelan korban hingga puluhan orang. Sebanyak 98 orang meninggal, sementara 63 orang hilang dan 69 lainnya terluka. Otoritas setempat telah melakukan operasi pencarian dan penyelamatan. Warga pun tengah membersihkan rumah mereka dari lumpur dan becek sisa banjir. 

5. Bom Mobil Somalia 29 Oktober 2022. 

Dua bom mobil meledak di dekat kompleks kementerian pendidikan Somalia. Aksi ini menewaskan 120 orang dan melukai 300 orang. Kelompok Islam al Shabaab mengaku bertanggung jawab atas aksi tersebut. 

Presiden Somalia sementara ini telah meminta bantuan internasional untuk memberikan bantuan medis ke rumah sakit untuk menolong korban yang terluka. 

6. Tragedi Halloween Itaewon 29 Oktober 2022. 

Korea Selatan berakhir duka setelah sekitar 100 ribu orang memadati jalan sempit di distrik Itaewon untuk merayakan malam Halloween. Hingga kabar ini ditulis, sebanyak 151 orang meninggal dunia, sementara 82 lainnya menderita luka-luka dan 355 orang hilang. 

Pihak berwenang masih menyelidiki apa yang menyebabkan insiden itu terjadi. 

7. Jembatan Ambruk India 30 Oktober 2022. 

Sebuah jembatan gantung di Morbi, Gujarat rubuh dan menelan 141 korban jiwa. Jembatan sepanjang 230 meter tersebut dibangun pada pemerintahan Inggris abad 19 dan baru saja direnovasi menjadi situs wisata. 

9 orang yang bertanggung jawab untuk memelihara bangunan tersebut telah ditangkap dan diselidiki terkait pembunuhan yang tidak disengaja. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru