Malangtimes

Sempat Koma, Begini Kondisi Vicky usai Menjalani Perawatan Medis Selama 1 Bulan akibat Tragedi Kanjuruhan

Nov 02, 2022 21:13
Vicky Hermansyah (terbaring di kasus) sebelum dibawa ambulans ke rumahnya di Kabupaten Sidoarjo untuk menjalani rawat jalan paska-menjadi korban tragedi Kanjuruhan.
Vicky Hermansyah (terbaring di kasus) sebelum dibawa ambulans ke rumahnya di Kabupaten Sidoarjo untuk menjalani rawat jalan paska-menjadi korban tragedi Kanjuruhan.

JATIMTIMES - Korban tragedi Kanjuruhan bernama Vicky Hermansyah, warga Kelurahan Kesambi, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, sempat mengalami koma selama 2 minggu. Bahkan, saat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanjuruhan, petugas medis sempat memasang ventilator untuk pria 20 tahun tersebut.

Pernyataan itu diutarakan Direktur Utama RSUD Kanjuruhan dr Bobby Prabowo saat ditemui awak media usai mengantar Vicky menggunakan mobil ambulans ke tempat tinggalnya  di Kabupaten Sidoarjo, Rabu (2/11/2022).

"Vicky terkena cedera otak yang tergolong berat. Sempat kami berikan perawatan intensif sampai kami lakukan pemasangan ventilator selama beberapa hari," terang Bobby  di depan pintu lobi utama RSUD Kanjuruhan, Rabu (2/11/2022).

Vicky dibawa ke RSUD Kanjuruhan pada Sabtu (1/11/2022) malam karena menjadi korban tragedi Kanjuruhan. Ketika tiba di rumah sakit, kondisinya tidak sadarkan diri alias koma.

"(Pasien Vicky masuk ke RSUD Kanjuruhan dalam keadaan) koma dalam. Komanya kira-kira selama 2 minggu (selama di ICU). Jadi, total di ICU itu 2 minggu dan kemudian kami pindahkan ke ruang perawatan 2 minggu sehingga total 1 bulan (perawatan di RSUD Kanjuruhan)," papar Bobby.

Meski sempat mengalami koma, Vicky tidak sampai harus menjalani operasi guna memulihkan kondisi cedera pada bagian otaknya. "Tidak dilakukan operasi. Hanya perawatan intensif dan memerlukan ventilator serta alat-alat untuk (perawatan) intensif lainnya," imbuh Bobby.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, Vicky merupakan pasien terakhir dari ratusan pasien tragedi Kanjuruhan yang pernah menjalani penanganan medis di RSUD Kanjuruhan. Setelah menjalani perawatan intensif selama 1 bulan, Vicky akhirnya diperkenankan pulang ke rumahnya di Kabupaten Sidoarjo pada Rabu (2/1½2022) pagi.

Dengan berakhirnya perawatan Vicky tersebut, pasien tragedi Kanjuruhan yang dirawat di RSUD Kanjuruhan telah habis.  "Sudah habis, sudah tidak ada pasien, ini terakhir. Dan syukurlah Vicky bisa bertahan dan kondisinya berangsur-angsur membaik. Mudah-mudahan setelah sampai di Sidoarjo, nanti Vicky dapat diberikan kesembuhan secara sempurna," ujar Bobby.

Meski sudah diperkenankan pulang dan menjalani rawat jalan. Namun butuh waktu yang cukup lama guna memastikan kondisi Vicky benar-benar pulih. Bobby menyebut, secara medis kemungkinan membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 6 bulan agar kondisi Vicky kembali normal.

"Kira-kira seperti kasus ini memang susah untuk diperkirakan. Tetapi secara kedokteran kemungkinan ya bisa sampai 3 sampai 6 bulan. Itu untuk pemulihan sempurnanya ya," ucap Bobby.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru