Malangtimes

Hendak Cari Bambu, Seorang Pria di Poncokusumo Hilang Diduga Tertimbun Material Longsor

Nov 02, 2022 14:21
Warga beserta petugas gabungan dari BPBD Kabupaten Malang dan Polsek Poncokusumo saat berupaya mencari keberadaan korban yang diduga hilang karena terimbun material tanah longsor. (Foto : BPBD Kabupaten Malang for Jatim TIMES)
Warga beserta petugas gabungan dari BPBD Kabupaten Malang dan Polsek Poncokusumo saat berupaya mencari keberadaan korban yang diduga hilang karena terimbun material tanah longsor. (Foto : BPBD Kabupaten Malang for Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Seorang pria dikabarkan hilang setelah tertimbun timbunan material tanah longsor, Selasa (1/11/2022) sore. Kejadiannya di Ledok Amprong, Dusun Wringinanom, Desa Gubuklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Korban yang dinyatakan hilang bernama Ahmad Amin. Pria 29 tahun tersebut merupakan warga Dusun Kunci, Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

"Hingga kemarin (Selasa 1/11/2022) malam kami bersama warga dan pihak kepolisian sempat berupaya mencari korban, namun belum ditemukan. Hari ini pencarian kami lanjutkan kembali," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono Irawan saat dikonfirmasi Rabu (2/11/2022).

Kepada Jatim Times, Sadono mengatakan, selain menelan satu korban jiwa yang dinyatakan hilang, bencana tanah longsor juga menyebabkan akses jalan di lokasi kejadian lumpuh total. "Akses jalan pertanian bagi roda 2 terputus," ungkapnya.

Berdasarkan data yang dihimpun BPBD Kabupaten Malang, sesaat sebelum terjadinya tanah longsor, di wilayah Kecamatan Poncokusumo terjadi hujan lebat. Hingga akhirnya, sekitar pukul 16.30 WIB korban bersama temannya yang bernama Ilham (30) pergi ke ladang yang berlokasi di sekitar lokasi kejadian tanah longsor.

"Korban bersama rekannya bernama Ilham berangkat ke ladang dengan menggunakan sepeda motor Vega. Tujuannya untuk cari bambu," terang Sadono.

Ketika melintasi lokasi kejadian, Ilham berjalan terlebih dahulu di depan korban. Beberapa saat kemudian, korban tak kunjung menyusul Ilham.

"Korban ditunggu lama tapi tidak kunjung menyusul. Akhirnya Ilham kembali untuk melihat rekanya dan mendapati jalan yang mereka lalui ternyata sudah longsor," ungkap Sadono.

Mengetahui hal itu, Ilham sempat mencari keberadaan korban. Namun, lantaran tak kunjung ditemukan, Ilham akhirnya mengabarkan kejadian tersebut ke warga setempat, sebelum akhirnya dilaporkan ke pihak Polsek Poncokusumo dan BPBD Kabupaten Malang.

"Saudara Ilham dan warga sempat mencari keberadaan korban, tapi hingga kemarin malam tak kunjung ditemukan. Diduga korban terbawa longsor," tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru