Malangtimes
Kota Malang Rayakan Hari Santri 2022

Kunjungi Ponpes Al Ishlahiyah, Sutiaji Sebut Benteng Moral di Era Keterbukaan

Nov 01, 2022 22:14
Wali Kota Malang Drs Sutiaji saat berfoto bersama santriwati dan pengasuh Ponpes Al Ishlahiyah. (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Wali Kota Malang Drs Sutiaji saat berfoto bersama santriwati dan pengasuh Ponpes Al Ishlahiyah. (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Wali Kota Malang Drs Sutiaji melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ishlahiyah, Kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Selasa (1/11/2022) malam. Kegiatan tersebut sebagai rangkaian Hari Santri tahun ini.

Dalam kunjungannya, Sutiaji sangat mengapresiasi ponpes yang hingga kini masih aktif mengasuh para santri. Menurut dia, hal tersebut dapat membentengi Kota Malang di era keterbukaan saat ini.

“Saya berkunjung dalam rangka terima kasih (kepada ponpes) karena di sini bisa jadi benteng utama, karena dari sini dapat mendakwahkan moral kepada generasi penerus,” kata wali kota.

Sutiaji mengatakan, saat ini dunia sudah sangat terbuka. Bahkan ia menyebut bahwa dunia ibarat sudah dalam genggaman.

Oleh karena itu, untuk menjaga anak generasi bangsa, tentunya peran ponpes tidak bisa dikesampingkan. Sebab, dari situ orang tua juga dapat memonitor anaknya melalui pendidikan agama yang diberikan pengasuh ponpes.

“Dunia sekarang pergaulan bebas, tidak ada mucikari (yang bekerja secara langsung), tapi sekarang melalui HP semua,” ujar Sutiaji.

Wali Kota Malang Drs Sutiaji saat menberikan sambutan di Ponpes Al Ishlahiyah (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

Bagi Sutiaji, sebenarnya menaruh anak di ponpes adalah sebuah pilihan bagi orang tua. Namun, ia yakin ponpes dapat menjadi suatu solusi agar anak bisa mendapatkan pendidikan moral.

“Dengan adanya pondok ini, moral anak bangsa bisa tertangani dengan baik. Mudah-mudahan ilmu yang didapat oleh santri saat mondok dapat menjadi benteng di era keterbukaan saat ini,” beber Sutiaji.

Dalam kunjungan tersebut, Sutiaji juga mengenang bahwa dulu sempat sering melintasi Ponpes Al Ishlahiyah. Namun bukan mampir, Sutiaji hanya melintas ketika ingin ke sungai jika air di Ponpes Miftahul Huda atau yang dikenal sebagai Ponpes Gading habis.

“Saya lama mondok ke Gading tapi belum pernah ke sini. Saya mohon maaf sekali. Padahal dulu saya sering lewat sini kalau ke sungai, saat air di pondok itu habis,” kenang Sutiaji.

Sementara, dalam kunjungannya, Sutiaji juga memberikan bantuan bagi Ponpes Al Ishlahiyah. Sebaliknya, Sutiaji mendapat tanda kenangan dari ponpes yang berada di lingkungan kampus tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru