Malangtimes

Update Korban Tragedi Kanjuruhan di RSUD dr Saiful Anwar Malang, 1 Pasien Berada di ICU

Nov 01, 2022 20:05
Pejabat RSUD dr Saiful Anwar Malang saat preskon terkait pasien tragedi Kanjuruhan (foto: Hendra Saputra/ JatimTIMES)
Pejabat RSUD dr Saiful Anwar Malang saat preskon terkait pasien tragedi Kanjuruhan (foto: Hendra Saputra/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Satu korban tragedi Kanjuruhan bernama Novita (18) asal Kabupaten Malang menjadi pasien terakhir di RSUD dr Saiful Anwar Malang. Pasien tersebut saat ini masih dirawat intensif di ruang ICU.

Konsultan ICU, Dokter Spesialis Anastesi, dr Wiwi Jaya membenarkan bahwa Novita masih dirawat di ruang ICU. Dalam penanganannya, Novita juga diberi alat bantu pernafasan atau ventilator.

Menurut dr Wiwi Jaya, sejak awal perawatan, Novita mengalami indikasi trauma dan infeksi di bagian paru-paru. “Tapi Alhamdulillah akhir-akhir ini ada perkembangan yang baik dibandingkan saat pertama kali di ICU. Insya Allah dalam beberapa hari ke depan bisa lepas dari ventilator,” kata dr Wiwi, Selasa (1/11/2022).

Dijelaskan Wiwi, Novita masih dalam kondisi sadar. Namun karena dipasang pipa dari alat ventilator yang melewati jalur pernafasan dan pita suara sehingga masih belum bisa bicara.

“Kalau kami ajak bicara paham, diminta angkat tangan akan angkat tangan, tetapi tentu masih belum bisa ngomong,” terang Wiwi.

Di tempat yang sama, Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Perawatan RSUD dr Saiful Anwar Malang, dr Syaifullah Asmiragani menuturkan bahwa tindakan operasi juga dilakukan untuk mengeluarkan nanah pada rongga dada pasien. Sementara sakit pada bagian paru-paru diindikasikan akibat terinjak atau terhimpit berdesakan.

“Untuk paru kerusakan yang berat karena terinjak terhimpit mengakibatkan timbulnya memar pada paru,” kata Syaifullah.

Syaifullah menambahkan bahwa tindakan non operatif seperti memberikan oksigenasi, obat-obatan dan pencegahan infeksi juga dilakukan kepada Novita. Hal itu tak lain agar Novita juga segera pulih dari kondisinya saat ini. “Insya Allah akan kembali sembuh seperti sediakala,” harap Syaifullah.

Sebagai informasi, total terdapat 80 pasien korban tragedi Kanjuruhan yang menjalani perawatan di RSUD dr Saiful Anwar Malang, mulai dari 2 Oktober lalu hingga Senin (31/10/2022). Di antara jumlah tersebut, 36 pasien dirawat inap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru