Malangtimes

Aksi Damai Aremania dan Arek Malang, Ini 7 Tuntutan ke Kejari Kota Batu

Nov 01, 2022 14:49
Aksi damai Aremania dan Arek Malang di Kejaksaan Negeri Kota Batu, Selasa (1/11/2022).
Aksi damai Aremania dan Arek Malang di Kejaksaan Negeri Kota Batu, Selasa (1/11/2022).

JATIMTIMES - Aksi Aremania dan Arek Malang di Kejaksaan Negeri Kota Batu berjalan damai, dan kondusif, Selasa (1/11/2022). Ada 7 tuntutan yang disampaikan kepada Kejari Kota Batu.

Tujuh tuntutan itu dibacakan oleh tim advokasi Aremania Djoko Tritjahjana di hadapan Kepala Kejari Kota Batu Agus Rujito dan peserta aksi damai.

Berikut 7 tuntutan tersebut:

1. Meminta kejaksaan untuk bersikap adil, transparan, akuntabel dan profesional dalam menangani kasus tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022 yang sudah menimbulkan korban jiwa 135 meninggal dunia dan ribuan lainnya mengalami luka fisik dan psikologis.

2. Meninta kejaksaan, khususnya Kejaksaan Agung, untuk mengawasi ketat dan memberikan perlindungan kepada jajarannya yang ditugasi dalam menangani kasus tragedi Kanjuruhan dari segala bentuk tekanan, rayuan, intimidasi, dan cara-cara kotor lainnya dari pihak-pihak yang bertujuan dan menginginkan agar tidak objektif dan profesional, sehingga cenderung bertujuan untuk mengkaburkan fakta-fakta lapangan dan fakta hukum hanya demi kepentingan individu, kelompok maupun golongan tertentu saja.

3. Meminta Kejaksaan Tinggi Jatim untuk menolak dan mengembalikan berkas perkara yang disampaikan oleh penyidik Polda Jatim agar tidak P21 dikarenakan belum ada tersangka penembak gas air mata dan “dalang”-nya sebagai penyebab utama jatuhnya korban tragedi Stadion Kanjuruhan sehingga tidak sesuai fakta lapangan dan fakta hukum yang ada.

4. Meminta kejaksaan agar memasukkan Pasal 338 dan 340 KUHP atas nama keadilan dalam penegakan hukum kasus tragedi Kanjuruhan.

5. Meminta dan memohon kepada kejaksaan agar bisa dan dapat menangkap dan mengadili seluruh pihak yang secara langsung maupun tidak langsung bertindak dan membuat jatuhnya korban jiwa 135 meninggal dunia dan ribuan lainnya mengalami luka-luka, baik fisik maupun psikis, dalam tragedi kelam Stadion Kanjuruhan 1 Oktober 2022, untuk diadili seadil-adilnya sesuai hukum yang berlaku.

6. Menyerukan kepada seluruh penegak hukum dan rakyat Indonesia agar menjadikan huk um sebagai panglima di Nusantara ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru