Malangtimes

Waspada, Ada Malware Menyusup di Balik File Gambar

Oct 31, 2022 19:43
Ilustrasi Malware (pixabay)
Ilustrasi Malware (pixabay)

JATIMTIMES -  Masyarakat kini harus lebih waspada lagi. Sebab, kini berkembang Malware menyusup ke dalam sebuah file image atau gambar. Hal ini terungkap dari informasi yang diunggah oleh akun Instagram @CCICPolri, akun resmi Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

"Waspada Malware yang Tersembunyi di Balik File Gambar!. Sebuah serangan siber baru-baru ini dilaporkan dapat menyusupkan malware melalui teknik steganografi. Malware tersebut disusupkan ke balik gambar di desktop dan mengincar beberapa perusahaan serta pemerintahan," tulis dalam caption unggahannya (30/10/2022).

Dari akun tersebut dijelaskan, bahwa sebuah perusahaan siber telah menemukan aksi berbahaya oleh kelompok peretas "Wichetty". Kelompok tersebut memanfaatkan teknologi steganografi untuk menyembunyikan Malware backdoor di balik logo bitmap windows pada wallpaper desktop.

"Kelompok tersebut menjalankan aksi spionase siber pada Februari 2022 yang menargetkan dua pemerintah di Timur Tengah, Bursa Saham di Afrika dan beberapa lainnya," jelas dalam informasi grafis yang disampaikan.

Dalam aksi ini, para peretas memperbarui tool kit untuk menargetkan kerentanan dan menggunakan steganografi untuk menyembunyikan muatan berbahaya mereka dari antivirus.

Steganografi sendiri, merupakan teknik menyembunyikan sebuah data di dalam file atau gambar agar tidak terdeteksi.  Ketika gambar tersebut dibuka, semua tampak seperti biasa dan tidak terjadi apa-apa. Tapi, di balik itu, kode yang ditanam dalam file atau gambar itu menyebarkan kode berbahaya.

File kemudian dihosting di layanan cloud sebagai server perintah dan kontrol dari pelaku ancaman. Selanjutnya, pelaku ancaman dapat mengakses backdoor yang tersembunyi dibalik gambar. Sehingga, pelaku bisa saja melakukan kejahatan Siber lainnya memanfaatkan backdoor korban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru